Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak Saat Nataru

Kompas.com - 10/12/2021, 18:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJalur Puncak di Bogor, Jawa Barat, jadi salah satu lokasi favorit masyarakat yang akan menghabiskan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepolisian pun sudah berencana melakukan rekayasa lalu lintas guna menghindari kemacetan yang akan terjadi di sana.

Dalam Inmendagri No 66 Tahun 2021, kawasan Bogor bahkan masuk ke dalam objek wisata yang harus diwaspadai.

Baca juga: Harga Xpander dan Xpander Cross di Surabaya, Mulai Rp 250 Jutaan

Ilustrasi kemacetan di jalur puncakANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi kemacetan di jalur puncak

Kapolres Bogor AKBP Harun, mengatakan, pihaknya telah memiliki beberapa rencana skenario rekayasa lalu lintas untuk menekan kepadatan kendaraan saat malam Nataru.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas akan dilakukan situasional, antara lain dengan skema penerapan contra flow atau lawan arus, hingga sistem one way atau buka-tutup jalur.

Jika skema itu belum bisa menekan kepadatan kendaraan, maka ada kemungkinan jalur Puncak akan dilakukan pengalihan kendaraan.

Baca juga: Ini Harga Resmi Honda CB150X, Mulai Rp 32 Jutaan

Ilustrasi: Antrean kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, terjadi di exit Tol Ciawi, Foto diambiil, Sabtu (29/12/2018).KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Ilustrasi: Antrean kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, terjadi di exit Tol Ciawi, Foto diambiil, Sabtu (29/12/2018).

"Filter awal ganjil-genap itu di tol-tol,” ujar Harun, dikutip dari Kompas Regional (10/12/2021).

“Kedua, nanti kita lihat kondisi jalan ini crowded atau bagaimana, nanti akan kita gunakan rekayasa lantas lain. Bisa pengalihan, bisa juga sesuai dengan yang lain," kata dia.

Sementara itu, salah satu ruas jalan tol yang menerapkan kebijakan ganjil genap saat libur Nataru adalah Tol Bogor-Ciawi-Cigombong.

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Polres Cilegon Uji Coba Ganjil Genap di Jalur Wisata Pantai Anyer

petugas gabungan sedang menjaga pos pemeriksaan ganjil genap di Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN petugas gabungan sedang menjaga pos pemeriksaan ganjil genap di Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Betul kami akan lakukan penyekatan dengan skema ganjil genap mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, kepada Kompas.com (6/12/2021).

Menurutnya, kebijakan ini bakal mengurangi pergerakan masyarakat yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi selama libur Nataru.

Selain itu, Polres Bogor bakal membangun delapan titik pemeriksaan ganjil genap di sekitar jalur Puncak.

Baca juga: Lelang Toyota Vios Bekas Pelat Merah, Limit Rp 60 Jutaan

Sejumlah pengendara terjebak kemacetan di Jalur Puncak Bogor, Tugus Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah pengendara terjebak kemacetan di Jalur Puncak Bogor, Tugus Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ia juga menambahkan, pada ganjil genap saat libur Nataru nanti aturan bakal berlaku buat mobil dan motor. Meski begitu, ada sejumlah kendaraan yang mendapatkan pengecualian.

“Pengecualian untuk Damkar, ambulans atau mobil jenazah, tenaga medis, kendaraan dinas TNI/Polri, angkutan umum, angkutan online, angkutan logistik/sembako, dan kondisi darurat lainnya,” kata Dicky.

Baca juga: Komparasi Yamaha R15M dan Suzuki GSX-R150

Suasana lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Petugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam yang berbatasan dengan wilayah Cianjur  untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Petugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam yang berbatasan dengan wilayah Cianjur untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat.

Berikut ini lokasi check point ganjil genap di Kawasan Puncak:

- Pos check point Cibanon
- Pos check point Gate Tol Ciawi
- Pos check point penutupan arus bendungan
- Pos check point Simpang Gadog
- Pos check point Rainbow Hills
- Pos check point Pasir Angin
- Pos check point Bellanova
- Pos check point Sentul Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com