Kompas.com - 07/12/2021, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba aturan pembatasan mobilitas dengan skema ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Depok selama dua hari, yakni 4-5 Desember 2021 dinilai telah berlangsung positif.

Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan kinerja lalu lintas yang dibuktikan lewat kecepatan rata-rata kendaraan melintas di ruas terkait.

"Pada hari kedua, Minggu (5/12/2021) kinerja rata-rata pada ruas jalan uji coba ganjil genap mengalami peningkatan dibanding hari pertama," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Begini Antisipasi Mengurangi Kecelakaan di Jalan Tol

Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.

"Lebih jauh, semula dari 24,10 km per jam menjadi 27,15 kpj," lanjut dia.

Jhoni mengatakan waktu tempuh kendaraan juga mengalami perpendekan. Artinya, waktu tempuh yang semula lebih lama kini lebih pendek 1 menit dibanding uji coba di hari pertama.

"Waktu tempuh mengalami perbaikan dari semula 5,54 menit menjadi 4,69 menit jika dibandingkan hari Sabtu (4/12/2021)," ujar dia.

Imbas penerapan ganjil-genap ini, Jhoni mengakui berdampak terhadap arus lalu lintas di jalur alternatif, yakni adanya antrean kendaraan yang memasuki kawasan ganjil-genap.

Di antaranya, depan Terminal Margonda, on/off ramp Tol Juanda, flyover UI dari arah Jalan Komjen Pol M Yasin pada sore hari, dan Jalan Lenteng Agung Raya pada sore hari.

Baca juga: Ganjil Genap di Margonda Depok Bakal Diterapkan Lagi Pekan Depan

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok dan Dinas Perhubungan Kota Depok kembali menerapkan sistem pembatasan kendaraan dengan nomor pelat ganjil genap di Jalan Margonda Raya pada Minggu (5/12/2021) pukul 12.00 WIB.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok dan Dinas Perhubungan Kota Depok kembali menerapkan sistem pembatasan kendaraan dengan nomor pelat ganjil genap di Jalan Margonda Raya pada Minggu (5/12/2021) pukul 12.00 WIB.

"Panjang antrean di ruas jalan uji coba gage mengalami sedikit perburukan panjang antrean dari semula 238 meter menjadi 270 meter," ucap Jhoni.

Berkaca dari hasil uji itu, kebijakan serupa akan kembali berlaku pada akhir pekan ini. Tidak ada perubahan wilayah dan jam berlaku, termasuk aturan penindakkan bagi pelanggar yakni diputarbalik.

"Untuk Sabtu-Minggu ke depan (ganjil-genap) tetap berlaku," ujar Eka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.