Ganjil Genap di Margonda Depok Bakal Diterapkan Lagi Pekan Depan

Kompas.com - 06/12/2021, 10:12 WIB
Kemacetan di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat pada Minggu (5/12/2021) siang. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOKemacetan di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat pada Minggu (5/12/2021) siang.

DEPOK, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan di Kota Depok yang berhubungan langsung dengan Jalan Margonda Raya mengalami kemacetan akibat penerapan ganjil genap di akhir pekan, 4-5 Desember 2021, untuk kendaraan roda empat.

Meski begitu, uji coba pembatasan arus lalu lintas berdasarkan pelat nomor kendaraan ini masih tetap akan dilanjutkan pada akhir pekan depan, 11-12 Desember 2021.

“Sesuai dengan perencanaan kita, memang uji coba itu akan kita laksanakan di dua pekan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan kota Depok Eko Herwiyanto, melansir Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Ini Tarif Ruas Tol Serang-Rangkasbitung Mulai 5 Desember 2021

Kemacetan yang timbul di sejumlah area sekitar Margonda Raya memang imbas dari sistem ganjil genap. Meski begitu, Eko berharap ada perubahan pola perjalanan masyarakat di akhir pekan dengan adanya aturan lalu lintas tersebut.

Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan. KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi Uji coba sistem ganjil genap telah diberlakukan di di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/12/2021), sebagai salah satu cara mengurai kemacetan.

“Harapan kami masyarakat mulai mengatur ulang rencana perjalanan mereka. Dan juga harapannya masyarakat bisa sinergi dengan program ganjil genap ini,” kata Eko.

Pada penerapan ganjil genap kemarin, peningkatan volume kendaraan dan kemacetan terpantau ada di Jalan Komjen Pol M Yasin dan Jalan Raya Siliwangi.

Baca juga: Malas Cuci Mobil, Pria Ini Malah Ubah Mobilio Miliknya Jadi Karatan

Sementara itu, lokasi yang menjadi pos pemeriksaan ganjil genap di Jalan Margonda Raya untuk pekan depan masih sama seperti sebelumnya, yakni sebanyak 6 titik lokasi.

Lebih detail, titik-titik tersebut yakni Terminal Margonda, Simpang Ramanda, Flyover UI sebelum pos polisi dari arah Lenteng Agung, Flyover UI dari arah Jalan Komjen Pol M Yasin, pintu keluar Tol Margonda dari arah Kukusan, dan u-turn Juanda.

Sistem ganjil genap akhir pekan di Margonda ini diberlakukan pada pukul 12.00-18.00 WIB. Dikarenakan masih dalam tahap uji coba, belum ada sanksi penilangan bagi pelanggar ganjil genap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.