Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Ban Tank Kendaraan Khusus Milik PMI Hagglund BV206, Sukses Tembus Kaki Gunung Semeru

Kompas.com - 07/12/2021, 11:50 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPalang Merah Indonesia (PMI) turut bantu melakukan evakuasi pasca-erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

PMI menurunkan kendaraan khususnya yang dahulu pernah turut bantu evakuasi usai erupsi Gunung Merapi di 2010. Kendaraan tersebut merupakan Hagglund BV 206 berkelir putih merah khas PMI.

Berdasarkan informasi yang redaksi terima, satu unit Hagglund berhasil menembus Kaki Gunung Semeru untuk membantu tim SAR mencari korban yang diduga tertimbun longsoran abu vulkanik maupun lahar dingin.

Baca juga: Cek Harga LCGC per Desember 2021, Brio Satya Mulai Rp 153 Jutaan, Sigra Rp 122 Jutaan

Hagglund BV206 yang turut bantu evakuasi pasca erupsi Gunung SemeruPMI Hagglund BV206 yang turut bantu evakuasi pasca erupsi Gunung Semeru

Membahas soal Hagglund BV 206, BV sendiri merupakan singkatan dari Bandvagn, bahasa Swedia yang artinya kendaraan dengan trek. Trek di sini maksudnya adalah penggeraknya dari rantai seperti tank dan bisa digunakan ke medan apa saja, bahkan di atas air.

Hagglund BV 206 ini mulai diproduksi untuk militer Swedia pada tahun 1974. Asalnya, mobil segala medan ini digunakan untuk membawa pasukan tentara dan peralatannya.

Sedangkan di Indonesia, Hagglund digunakan untuk melakukan evakuasi dari beberapa bencana alam. Mobil gandeng ini juga mampu mengangkut sampai 17 orang, enam penumpang di depan dan 11 orang di trailer belakang.

Baca juga: Harga LSUV per Desember 2021, Rush Mulai Rp 245 Jutaan, BR-V Rp 275 Jutaan

Menggunakan mesin Ford Cologne V6 dengan kapasitar 2.800 cc yang disambung ke transmisi otomatis 4 percepatan, Hagglund memiliki daya angkut total 2.250 kg dan trailer 2.500 kg.

Dimensi Hagglund juga cukup besar, punya tinggi 2,4 meter, panjang 6,9 meter dan lebar 1,87 meter. PMI mulai menggunakan Hagglund pada bencana Situgintung, Cireundeu, Tangerang pada 2009 dan bencana Erupsi Merapi di 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com