Pakai Ban Tank Kendaraan Khusus Milik PMI Hagglund BV206, Sukses Tembus Kaki Gunung Semeru

Kompas.com - 07/12/2021, 11:50 WIB
Hagglund BV206 yang turut bantu evakuasi pasca erupsi Gunung Semeru istimewaHagglund BV206 yang turut bantu evakuasi pasca erupsi Gunung Semeru

JAKARTA, KOMPAS.comPalang Merah Indonesia (PMI) turut bantu melakukan evakuasi pasca-erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

PMI menurunkan kendaraan khususnya yang dahulu pernah turut bantu evakuasi usai erupsi Gunung Merapi di 2010. Kendaraan tersebut merupakan Hagglund BV 206 berkelir putih merah khas PMI.

Berdasarkan informasi yang redaksi terima, satu unit Hagglund berhasil menembus Kaki Gunung Semeru untuk membantu tim SAR mencari korban yang diduga tertimbun longsoran abu vulkanik maupun lahar dingin.

Baca juga: Cek Harga LCGC per Desember 2021, Brio Satya Mulai Rp 153 Jutaan, Sigra Rp 122 Jutaan

Hagglund BV206 yang turut bantu evakuasi pasca erupsi Gunung SemeruPMI Hagglund BV206 yang turut bantu evakuasi pasca erupsi Gunung Semeru

Membahas soal Hagglund BV 206, BV sendiri merupakan singkatan dari Bandvagn, bahasa Swedia yang artinya kendaraan dengan trek. Trek di sini maksudnya adalah penggeraknya dari rantai seperti tank dan bisa digunakan ke medan apa saja, bahkan di atas air.

Hagglund BV 206 ini mulai diproduksi untuk militer Swedia pada tahun 1974. Asalnya, mobil segala medan ini digunakan untuk membawa pasukan tentara dan peralatannya.

Sedangkan di Indonesia, Hagglund digunakan untuk melakukan evakuasi dari beberapa bencana alam. Mobil gandeng ini juga mampu mengangkut sampai 17 orang, enam penumpang di depan dan 11 orang di trailer belakang.

Baca juga: Harga LSUV per Desember 2021, Rush Mulai Rp 245 Jutaan, BR-V Rp 275 Jutaan

Menggunakan mesin Ford Cologne V6 dengan kapasitar 2.800 cc yang disambung ke transmisi otomatis 4 percepatan, Hagglund memiliki daya angkut total 2.250 kg dan trailer 2.500 kg.

Dimensi Hagglund juga cukup besar, punya tinggi 2,4 meter, panjang 6,9 meter dan lebar 1,87 meter. PMI mulai menggunakan Hagglund pada bencana Situgintung, Cireundeu, Tangerang pada 2009 dan bencana Erupsi Merapi di 2010.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.