Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang PPKM Level 3 Libur Nataru, Pemkot Tegal Padamkan Lampu PJU

Kompas.com - 07/12/2021, 12:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia pada masa libur Natal dan Tahun baru (Nataru) mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kebijakan itu diterapkan berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 (Nataru).

Baca juga: Pengendara Motor Terobos Palang Pelintasan KA Berujung Pengeroyokan

Selama PPKM Level 3 libur nataru, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah, kembali mengeluarkan kebijakan pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU).

Hal ini dilakukan untuk mengurangi mobilitas warga pada saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 libur nataru berlangsung serta upaya untuk mengurangi persebaran virus covid-19.

Masjid Agung di tengah pemadaman lampu jalan kawasan Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (17/3/2020).  KOMPAS.com/Tresno Setiadi Masjid Agung di tengah pemadaman lampu jalan kawasan Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (17/3/2020).

Kepala Bidang PJU Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Sudjatmiko mengatakan, pemadaman sejak 1 Desember untuk mendukung PPKM Level 3 serentak yang akan diterapkan 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 80 Jutaan, Dapat Avanza sampai Jazz

"Pemadaman dilakukan di semua jalan utama dan titik keramaian di Kota Tegal," kata Sudjatmiko dilansir Kompas.com, Senin (6/12/2021).

Rencananya, pemadaman akan diberlakukan secara bertahap dan akan diberlangsungkan hingga pekan kedua Januari 2022.

"Mulai Rabu (1/12/2021) malam kami sudah memadamkan bertahap. Kebijakan tersebut sebagai hasil tindak lanjut Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Covid-19," kata dia.

Ilustrasi: Lampu penerangan jalan menyala di sekitar menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) 500 kilovolt milik PT Perusahaan Listrik Negara di Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur.KOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi: Lampu penerangan jalan menyala di sekitar menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) 500 kilovolt milik PT Perusahaan Listrik Negara di Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sudjatmiko mengatakan, warga diharapkan bisa memaklumi kebijakan itu. Karena jalanan gelap, warga yang terpaksa harus keluar rumah untuk berhati-hati.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di 13 Ruas Jalan di DKI Masih Berlaku Pekan Ini

"Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 jelas mobilitas masyarakat meningkat. Untuk itu, kita sudah padamkan sekitar 2.000-an PJU," ucapnya.

Saat ini pemadaman sudah diberlakukan di beberapa ruas jalan protokol seperti Jalan Veteran, HOS Cokroaminoto, dan Kolonel Sudiarto.

Kemudian Jalan AR Hakim, Jalan Gajah Mada, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Diponegoro, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo hingga pantura di Jalan Cipto Mangunkusumo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com