Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2021, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memiliki mobil merupakan salah satu pencapaian tersendiri. Apalagi, bagi keluarga baru atau anak muda yang baru saja meniti karir.

Tetapi karena berbagai hal seperti kecukupan tabungan atau kemampuan finansial, membuat konsumsi atas kendaraan bermotor roda empat baru jadi tantangan tersendiri.

Baca juga: Ini Tarif Ruas Tol Serang-Rangkasbitung Mulai 5 Desember 2021

Oleh sebab itu, kehadiran pasar mobil bekas kerap jadi jalan alternatif. Banyaknya ragam pilihan dengan harga lebih terjangkau memudahkan masyarakat untuk memiliki mobil impian.

Dari pantauan redaksi Kompas.com di situs jual beli mobil bekas daring, Minggu (5/12/2021), untuk rentang Rp 80 jutaan, umumnya bisa dapat mobil usia tahun 2000-an awal sampai 2006 atau 2007. Selain itu juga sudah bisa dapat SUV.

Deretan Ford Fiesta terbaru, terbagi dalam empat tipe degan tampang yang berbeda.Ford Deretan Ford Fiesta terbaru, terbagi dalam empat tipe degan tampang yang berbeda.

Mengingat ini merupakan mobil bekas, pembeli juga harus teliti untuk mengecek kondisi mobil mulai dari tampilan bodi luar, bagian mesin, hingga dokumen pendukung seperti STNK dan BPKB.

Jangan lupa sisihan biaya untuk berjaga-jaga apabila mobil masih membutuhkan perawatan baik itu servis maupun untuk mengganti komponen mobil yang sudah rusak.

Baca juga: Malas Cuci Mobil, Pria Ini Malah Ubah Mobilio Miliknya Jadi Karatan

Ketika membeli mobil bekas, sebaiknya jangan tertipu dengan odometer. Pasalnya, odometer mudah atau bisa untuk dimanipulasi.

Selain itu, pastikan juga melakukan pengecekan semua kondisi pada mobil, termasuk bagian mesin, pendingin, hingga kaki-kaki. Jangan lupa juga, lihat lagi dokumen jalannya apakah asli atau terdapat tunggakan pajak.

Nissan X-Trail 2004 Foto: Reezocar Nissan X-Trail 2004

Berikut pilihan mobil bekas dengan harga Rp 80 jutaan pilihan redaksi Kompas.com.

MPV

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.