Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selendang Dream Coach Belum Bisa Dipasang di Bus Model Lain

Kompas.com - 04/12/2021, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Adiputro memiliki lini produk bus besar yang lengkap. Mulai dari bus Hgh Decker (HD), Super High Decker (SHD), Ultra Hihg Decker (UHD), Dream Coach, dan Double Decker.

Model Dream Coach bisa dibilang yang paling baru dari karoseri asal Malang ini. Dream Coach merupakan model bus dengan bangku single cabin yang super nyaman, selain itu juga bangku disusun bertingkat.

Kemudian, model Dream Coach ini punya tampilan eksterior yang berbeda, seperti model selendang yang berubah. Model selendang yang digunakan biasanya adalah Voyager, namun untuk Dream Coach, bentuknya vertikal, mengingatkan pada bodi Adiputro lama, Aeroqueen.

Baca juga: Catat, Begini Cara Merawat Motor Injeksi supaya Tetap Prima

Bus PO Pandawa 87Givan Pandawa 87 Bus PO Pandawa 87

Lalu apakah model selendang ini bakal digunakan juga untuk bodi lainnya seperti HD, SHD, UHD, bahkan Double Decker?

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, saat ini model selendang tersebut memang khusus dibuat untuk Dream Coach. Jadi untuk model lainnya masih menggunakan selendang biasa.

“Itu memang khusus buat Dream Coach Sleeper Bus. Kalau untuk model lain sepertinya tidak bisa pasang karena beda ukuran kaca,” kata Yohan kepada Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Lebih Baik Pakai Rem Tangan atau Rem Kaki?

Tetapi untuk selendang sendiri sebenarnya customer bisa request. Misalnya seperti bodi bus single glass punya PO Juragan99 yang belum lama ini rilis. Bus berkelir hitam tersebut meminta agar tidak memakai selendang di bagian samping.

Begitu juga jika memerhatikan unit Jetbus Super Double Decker (SDD) milik PO Rosalia Indah. Pada model Jetbus 3+ SDD yang awal rilis, selendangnya tidak memanjang, tapi cukup pendek layaknya bus single deck.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com