Lorenzo Sampaikan Nasihat ke Quartararo agar Bertahan di Yamaha

Kompas.com - 02/12/2021, 08:42 WIB
Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Algarve 2021 di Sirkuit Internasional Algarve, Jumat (5/11/2021). AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRAPebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Algarve 2021 di Sirkuit Internasional Algarve, Jumat (5/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo sudah beberapa kali menjadi juara dunia MotoGP bersama Yamaha. Pria berdarah Spanyol ini kemudian menyampaikan nasihat kepada juara dunia musim ini, yakni Fabio Quartararo.

Pebalap asal Perancis tersebut berhasil meraih gelar juara dunia pada musim keduanya di MotoGP dan di musim pertamanya bersama tim pabrikan.

Baca juga: Lorenzo Jawab Tantangan Rossi Balapan di Motor Ranch

Lorenzo mengatakan, jika Quartararo ingin kembali meraih juara dunia, alternatif terbaik adalah tetap berada di Yamaha.

Fabio Quartararo di tes resmi Jerez Foto: Tuttomotoriweb/Dorna Fabio Quartararo di tes resmi Jerez

"Anda bisa saja terdorong untuk mengambil langkah yang lain, seperti yang terjadi pada saya, yang menghabiskan sembilan tahun di Yamaha selalu bekerja dengan orang yang sama," ujar Lorenzo, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Rabu (1/12/2021).

Lorenzo menambahkan, pada akhirnya dia hanya menambah risiko untuk menjadi lebih buruk. Menurutnya, hal tersebut yang perlu Quartararo selalu ingat di kepalanya.

Baca juga: Lorenzo Ungkap Awal Mula Marquez Benci Rossi

Sembilan musim di Yamaha, dua musim di Ducati, dan satu musim di Honda, Lorenzo sudah bisa menjelaskan karakter masing-masing motor, khususnya karakter YZR-M1.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Motor Yamaha mirip seperti Honda, motornya tetap sama dan berevolusi sedikit demi sedikit, tidak seperti Ducati," kata Lorenzo.

Lorenzo menjelaskan, untuk memahaminya bisa dengan membandingkan motor Ducati 2015 dengan 2022 sangat jauh berbeda. Sementara Yamaha 2015, menurut Lorenzo, sangat mirip dengan yang terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.