Hari Ini Ada Penutupan Jalan Menuju Patung Kuda dan Monas

Kompas.com - 02/12/2021, 06:42 WIB
Pengalihan lalu lintas dilakukan di sekitar kawasan Monumen Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Senin (29/11/2021) sore. Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARIPengalihan lalu lintas dilakukan di sekitar kawasan Monumen Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Senin (29/11/2021) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi aksi unjuk rasa reuni 212 pada Kamis (2/12/2021), Polda Metro Jaya bakal melakukan penyekatan di kawasan Patung Kuda dan jalan menuju Monas.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan penyekatan karena panitia aksi tetap nekat menggelar kegiatan itu.

Padahal, kata Sambodo, pihaknya tidak mengeluarkan izin kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

“Kami pada 2 Desember mulai pukul 00.00 WIB nanti malam sampai dengan setidaknya pukul 21.00 WIB akan menutup area seputar Patung Kuda dan kawasan Monas,” ujar Sambodo, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Polisi Siagakan Pemeriksaan Check Point Saat Libur Nataru

Sambodo menjelaskan, sejak dini hari nanti, kendaraan tidak bisa melintas di kawasan tersebut karena mulai dari Simpang Kebon Sirih Thamrin sudah ditutup.

Kemudian dari Budi Kemuliaan jalan Museum Abdul Muis, Harmoni, Gedung Veteran 3, Gambir yang menuju ke Istana Negara juga ditutup.

Selain itu, di Kedutaan Besar Amerika Serikat dan semua kawasan yang sudah disebutkan menjadi kawasan terbatas.

Beberapa kendaraan yang terjebak di Jl. MH Thamrin arah Monas dipaksa putar balik karena tidak dapat menembus kerumunan massa aksi yang berdemo di muka gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019) siang.KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN Beberapa kendaraan yang terjebak di Jl. MH Thamrin arah Monas dipaksa putar balik karena tidak dapat menembus kerumunan massa aksi yang berdemo di muka gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019) siang.

“Tidak boleh dimasuki oleh kendaraan apapun, termasuk kawasan yang menuju ke daerah ini nanti kita akan melaksanakan filterisasi,” ucap Sambodo.

Artinya seperti di Semanggi, Tugu Tani kemudian sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin khusus untuk masyarakat masih bisa melintas. Akan tetapi untuk massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas di kawasan tersebut.

“Ya tentu kendaraan dari arah Thamrin menuju ke Bunderan Patung Kuda itu nanti di Simpang Kebon Sirih kita belokan ke kiri atau kanan,” kata Sambodo.

Baca juga: Kilas Balik Perjalanan Federal Oil di Moto2, Bawa Pebalap Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.