Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Ada Penutupan Jalan Menuju Patung Kuda dan Monas

Kompas.com - 02/12/2021, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi aksi unjuk rasa reuni 212 pada Kamis (2/12/2021), Polda Metro Jaya bakal melakukan penyekatan di kawasan Patung Kuda dan jalan menuju Monas.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan penyekatan karena panitia aksi tetap nekat menggelar kegiatan itu.

Padahal, kata Sambodo, pihaknya tidak mengeluarkan izin kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

“Kami pada 2 Desember mulai pukul 00.00 WIB nanti malam sampai dengan setidaknya pukul 21.00 WIB akan menutup area seputar Patung Kuda dan kawasan Monas,” ujar Sambodo, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Polisi Siagakan Pemeriksaan Check Point Saat Libur Nataru

Sambodo menjelaskan, sejak dini hari nanti, kendaraan tidak bisa melintas di kawasan tersebut karena mulai dari Simpang Kebon Sirih Thamrin sudah ditutup.

Kemudian dari Budi Kemuliaan jalan Museum Abdul Muis, Harmoni, Gedung Veteran 3, Gambir yang menuju ke Istana Negara juga ditutup.

Selain itu, di Kedutaan Besar Amerika Serikat dan semua kawasan yang sudah disebutkan menjadi kawasan terbatas.

Beberapa kendaraan yang terjebak di Jl. MH Thamrin arah Monas dipaksa putar balik karena tidak dapat menembus kerumunan massa aksi yang berdemo di muka gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019) siang.KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN Beberapa kendaraan yang terjebak di Jl. MH Thamrin arah Monas dipaksa putar balik karena tidak dapat menembus kerumunan massa aksi yang berdemo di muka gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019) siang.

“Tidak boleh dimasuki oleh kendaraan apapun, termasuk kawasan yang menuju ke daerah ini nanti kita akan melaksanakan filterisasi,” ucap Sambodo.

Artinya seperti di Semanggi, Tugu Tani kemudian sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin khusus untuk masyarakat masih bisa melintas. Akan tetapi untuk massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas di kawasan tersebut.

“Ya tentu kendaraan dari arah Thamrin menuju ke Bunderan Patung Kuda itu nanti di Simpang Kebon Sirih kita belokan ke kiri atau kanan,” kata Sambodo.

Baca juga: Kilas Balik Perjalanan Federal Oil di Moto2, Bawa Pebalap Indonesia

Sementara itu, bagi yang akan melintas dari Abdul Muis pihaknya akan meluruskan sehingga tidak bisa ke arah Harmoni termasuk juga yang dari arah Tugu Tani menuju Medan Merdeka Selatan akan diluruskan.

“Nanti di Simpang Kedubes AS akan kita luruskan menuju arah Katedral arah Masjid Istiqlal,” ucapnya.

Sambodo pun turut mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menghindari kawasan yang sudah ditutup tersebut. Sebab, dengan adanya penutupan pasti bakal terjadi kemacetan dan kepadatan kendaraan.

“Kita tidak perbolehkan kawasan ini steril dari kendaraan, kalau kendaraan Dinas Nanti dilihat kalau tujuan untuk ke kantor kita perbolehkan kalau kendaraan lain tidak hanya yang akan ngantor di jalan ini yang diperbolehkan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com