Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ruas Tol Akan Menerapkan Ganjil Genap Selama Nataru

Kompas.com - 02/12/2021, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan sejumlah pembatasan pada momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, khususnya dalam tempat wisata untuk menekan potensi penyebaran Covid-19.

Pembatasan ini berlaku medio 20 Desember 2021 - 2 Januari 2022, salah satunya melalui penerapan ganjil genap di 4 ruas tol yang diprediksi paling ramai.

“Strategi pengaturan lalu lintas perseorangan akan dilakukan sistem ganjil genap di wilayah aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Polisi Siagakan Pemeriksaan Check Point Saat Libur Nataru

Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021).

Pasalnya, berdasarkan data Kemenhub skema ganjil genap nomor kendaraan bermotor dapat menekan pergerakan kendaraan hingga sekitar 30 persen.

Adapun ruas tol terkait ialah;

* Ruas Tol Tangerang-Merak
* Ruas Tol Bogor-Ciawi-Cigombong
* Ruas Tol Cikampek-Palimanan-Kanci
* Ruas Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi

Selain itu, akan diterapkan pula skema pengaturan lalu lintas buka tutup rest area, one way atau contraflow, dan random sampling di rest area tertentu alias yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Tidak Semua Panel Instrumen Motor Dibekali Takometer, Ini Alasannya

Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOKRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

“Pada kawasan wisata akan diterapkan skema ganjil genap, pembatasan kapasitas, penggunaan PeduliLindungi serta penutupan sementara wisata yang tanpa pengelola,” kata dia.

Namun tak dirinci jalan di tempat wisata apa saja yang bakal diterapkan ganjil genap. Selain itu, di tempat wisata juga disiapkan skema oneway atau contraflow.

“Kita akan melakukan random sampling tentang ketaatan mereka tentang PeduliLindungi dengan dua kali vaksin dan melakukan antigen,” ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com