PLN Siapkan 6 SPKLU Fast Charging di Jawa Tengah pada 2022

Kompas.com - 02/12/2021, 07:22 WIB
Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU KOMPAS.com/RULY KURNIAWANKendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

SEMARANG, KOMPAS.com – Pemerintah tengah mendorong pertumbuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia. Tercatat sampai dengan November 2021, sudah ada 219 unit SPKLU di Tanah Air.

Bukan cuma di Ibu Kota, pertumbuhan charging station juga terus dikembangkan di sejumlah daerah, salah satunya di Jawa Tengah.

Eric Rossi Priyo Nugroho, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, mengatakan, saat ini sudah ada beberapa SPKLU PLN dengan kemampuan fast charging di Jawa Tengah.

Menurutnya, fasilitas ini bakal terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang memakai kendaraan listrik.

Baca juga: Jika Kia Niro Masuk Indonesia, Siap Tantang 4 Model Sekaligus

SPKLU PLN pertama di Sulawesi TengahPLN SPKLU PLN pertama di Sulawesi Tengah

“Saat ini yang sudah aktif mulai dari rest area Tol Cipali KM 207, lalu Kantor PLN UP3 Semarang, di Tol Solo-Ngawi KM 519,” ujar Eric, kepada Kompas.com (1/12/2021).

“Nanti ke depan juga bakal ada di Semarang, dekat Tol Jatingaleh. Kemudian di Jogja, tapi untuk di sana sasarannya motor listrik dengan tenaga 5-7 kWh, bakal ada 12 dispenser,” kata dia.

Eric menambahkan, pada 2022, rencananya ada total 6 SPKLU yang dikelola PLN yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Impresi Berkendara Hyundai Staria, Ternyata Tidak Terasa Besar

 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) Dok. PLN Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero)

Sebelumnya, pemerintah telah menerapkan rencana Grand Strategi Energi Nasional untuk mempercepat penetrasi pertumbuhan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di dalam negeri.

Kementerian ESDM pun menargetkan pembangunan puluhan ribu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) pada 2030 mendatang.

“Pada 2030 nanti ditargetkan untuk SPKLU sekitar 31.859 unit dan SPBKLU 70.000 unit," ujar Ida Nuryatin Finahari, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, dalam seminar pada IEMS 2021 di Tangerang (24/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.