Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Kia Niro Masuk Indonesia, Siap Tantang 4 Model Sekaligus

Kompas.com - 01/12/2021, 09:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia, belum lama ini meluncurkan mobil listrik terbaru mereka di ajang Seoul Mobility Show, Kamis (25/11/2021). Mobil bergaya SUV ini bernama All New Niro.

Kia Niro generasi terbaru ini hadir dalam tiga versi, yakni Hybrid, Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Andaikan PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek (APM) resmi Kia di Indonesia memboyong Niro ke Indonesia, model mobil apa saja yang bakal jadi pesaingnya?

Mulai dari yang varian BEV, Kia Niro bisa jadi akan berhadapan langsung dengan sesama mobil listrik asal Korea, yakni Hyundai Kona Electric.

Baca juga: Polri Bangun Pos Pengawasan Selama Nataru, Pengendara Wajib Bawa SKM

Hyundai Kona EV 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV 2021

Hyundai Kona Electric ditanami motor elektrik bertenaga 103 kW serta baterai berkapasitas 39,2 kWh. Spesifikasi motor dan baterai yang sama dengan Kia Niro generasi sebelumnya. Sayangnya spesifikasi Kia Niro terbaru belum diumumkan lebih detail.

Beralih ke varian Hybrid dan PHEV, Kia Niro bakal dihadang tiga mobil sebagai kompetitor yang sekelas.

Pertama ada Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil ini mengusung sistem hybrid paralel dengan mesin 2ZR-FXE 4-silinder kubikasi 1.798 cc. Mesinnya memiliki performa tenaga 98 dk dan torsi 142 Nm. Sementara motor elektriknya bertenaga 72 dk dan torsi 162 Nm.

Lalu ada Nissan Kicks e-Power yang punya sistem hybrid serial, di mana mesin 3-silinder 1.198 cc dijadikan generator untuk menyuplai tenaga ke baterai, kemudian diteruskan menggerakkan motor elektrik bertenaga 129 dk dan torsi 260 Nm.

Baca juga: Belajar dari Kasus Ertiga, Kenali Ciri-ciri Mobil Akan Terbakar

Test drive Nissan Kicks e-Power ke CiletuhKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test drive Nissan Kicks e-Power ke Ciletuh

Yang terakhir yakni Mitsubishi Outlander PHEV yang dibekali mesin 2.360 cc 4-silinder bertenaga 128 dk dan torsi 199 Nm. Mobil ini juga punya dua motor elektrik masing-masing bertenaga 82 dk dan 95 dk.

Sebagai informasi, Kia Niro generasi sebelumnya punya sistem hybrid paralel dengan mesin Kappa II 4-silinder 1.580 cc bersamaan dengan motor elektrik yang menghasilkan tenaga kombinasi 141 dk dan torsi 264 Nm.

Sementara pada Kia Niro varian PHEV, mobil ini diberikan mesin dan motor yang sama tapi dengan baterai Lithium-ion kapasitas 8,9 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com