Salin Artikel

4 Ruas Tol Akan Menerapkan Ganjil Genap Selama Nataru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan sejumlah pembatasan pada momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, khususnya dalam tempat wisata untuk menekan potensi penyebaran Covid-19.

Pembatasan ini berlaku medio 20 Desember 2021 - 2 Januari 2022, salah satunya melalui penerapan ganjil genap di 4 ruas tol yang diprediksi paling ramai.

“Strategi pengaturan lalu lintas perseorangan akan dilakukan sistem ganjil genap di wilayah aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (1/12/2021).

Pasalnya, berdasarkan data Kemenhub skema ganjil genap nomor kendaraan bermotor dapat menekan pergerakan kendaraan hingga sekitar 30 persen.

Adapun ruas tol terkait ialah;

* Ruas Tol Tangerang-Merak
* Ruas Tol Bogor-Ciawi-Cigombong
* Ruas Tol Cikampek-Palimanan-Kanci
* Ruas Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi

Selain itu, akan diterapkan pula skema pengaturan lalu lintas buka tutup rest area, one way atau contraflow, dan random sampling di rest area tertentu alias yang sudah ditetapkan.

“Pada kawasan wisata akan diterapkan skema ganjil genap, pembatasan kapasitas, penggunaan PeduliLindungi serta penutupan sementara wisata yang tanpa pengelola,” kata dia.

Namun tak dirinci jalan di tempat wisata apa saja yang bakal diterapkan ganjil genap. Selain itu, di tempat wisata juga disiapkan skema oneway atau contraflow.

“Kita akan melakukan random sampling tentang ketaatan mereka tentang PeduliLindungi dengan dua kali vaksin dan melakukan antigen,” ujar Budi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/02/070200115/4-ruas-tol-akan-menerapkan-ganjil-genap-selama-nataru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.