Nissan Siap Luncurkan Puluhan Mobil Listrik sampai 2030

Kompas.com - 01/12/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi mobil listrik Nissan CARSCOOPS.comIlustrasi mobil listrik Nissan

JAKARTA, KOMPAS.comNissan bakal mempercepat rencana elektrifikasi sampai tahun fiskal 2030, dengan meluncurkan puluhan kendaraan listrik baru, termasuk battery electric vehicle (BEV).

Disitat dari Carscoops (30/11/2021), Nissan akan menginvestasikan 2 triliun yen atau setara Rp 253 triliun selama lima tahun ke depan.

Investasi ini dilakukan untuk mempercepat jajaran elektrifikasi, sekaligus meningkatkan inovasi teknologinya, dalam rangka membuat perusahaan menjadi netral karbon di seluruh produknya pada 2050.

Baca juga: Belajar dari Kasus Ertiga, Kenali Ciri-ciri Mobil Akan Terbakar

Mobil listrik NissanCARSCOOPS.com Mobil listrik Nissan

Rencananya, tidak kurang dari 20 model EV dan e-POWER baru bakal diperkenalkan dalam lima tahun ke depan. Kemudian pada 2026, Nissan mengharapkan 75 persen penjualannya di Eropa merupakan mobil listrik.

Sementara di Jepang dan China, Nissan menargetkan penjualan mobil listrik mencapai 55 persen. Adapun di AS, Nissan menargetkan 40 persen penjualan EV pada tahun 2030.

“Dengan Nissan Ambition 2030, kami akan mendorong era baru elektrifikasi, memajukan teknologi untuk mengurangi jejak karbon, dan mengejar peluang bisnis baru,” ujar CEO Nissan Makoto Uchida.

Baca juga: Polri Bangun Pos Pengawasan Selama Nataru, Pengendara Wajib Bawa SKM

Mobil listrik NissanCARSCOOPS.com Mobil listrik Nissan

“Kami ingin mengubah Nissan menjadi perusahaan berkelanjutan yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan dan masyarakat,” kata dia.

Untuk mencapai visinya, Nissan akan terus meningkatkan teknologi baterai lithium-ion saat ini dan memperkenalkan teknologi bebas kobalt untuk menurunkan biaya baterai hingga 65 persen pada tahun 2028.

Nissan juga berencana untuk meluncurkan EV dengan baterai solid-state pada tahun 2028 dan akan siap dengan pabrik percontohan di Yokohama pada awal 2024.

Baca juga: Simulasi Kredit Honda BR-V Terbaru, Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

Mobil listrik NissanCARSCOOPS.com Mobil listrik Nissan

Pabrikan asal Jepang ini juga bermaksud meningkatkan kapasitas produksi baterai globalnya menjadi 52 GWh pada tahun 2026 dan 130 GWh pada tahun 2030.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.