Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Rapi Tambah Lagi Bus Tronton, Kini Berjubah Legacy SR2 XHD Prime

Kompas.com - 29/11/2021, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Raja Perdana Inti (Rapi) beberapa waktu lalu merilis tiga unit bus tronton dari Karoserti Tentrem. Ketiganya menggunakan bodi Avante H9 yang dipasang ke sasis Scania K410 iB.

Satu bulan kemudian, PT Rapi kembali merilis dua unit bus tronton. Kali ini, sasis Scania K410 iB dipasangkan bodi Legacy SR2 XHD Prime S-Series buatan Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.

Kedua bus ini juga punya julukan atau nama, yakni Apoorva dan Asera. Secara tampilan, Legacy SR2 XHD Prime S-Series ini punya dimensi tinggi sekitar 3,9 meter, selain itu juga punya panjang 13,5 meter, cocok untuk membawa banyak penumpang.

Baca juga: Toyota Kijang LGX Lawas Ikut Mejeng di IIMS Motobike Show 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Untuk eksteriornya, warna yang digunakan khas PT Rapi, yakni biru muda dengan beberapa aksen berwarna biru tua. Di bagian samping belakang juga terdapat grafis menyerupai bukit yang berwarna biru tua.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, di bagian depan bus juga terpasang perisai kaca. Komponen ini memang umum digunakan pada bus Lintas Sumatera demi mengamankan kaca depan dari lemparan batu.

Baca juga: Biaya Resmi Tes Kesehatan dan Psikolog untuk Pemohon SIM

“Untuk fasilitas di kabin, ada 44 bangku yang disusun dua di kanan dan dua di kiri tanpa leg rest. Selain itu juga terdapat toilet dan smoking room yang ada di bagian belakang kabin,” kata Werry kepada Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Dua unit tambahan ini menjadikan PT Rapi memiliki lima unit bus tronton dengan bodi terbaru. Tiga memakai bodi Avante H9 buatan Karoseri Tentrem dan dua menggunakan bodi Legacy SR2 XHD Prime buatan Karoseri Laksana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com