Jelang Nataru, Kawasan Wisata Anyer Akan Diberlakukan Ganjil Genap

Kompas.com - 28/11/2021, 10:41 WIB
Penyekatan kendaraan yang mengarah ke pantai Anyer dan Carita pada Sabtu (4/9/2021). ANTARA/MulyanaPenyekatan kendaraan yang mengarah ke pantai Anyer dan Carita pada Sabtu (4/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepolisian Daerah Banten bakal menerapkan ganjil genap ke tempat wisata guna mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

Kapolda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto mengatakan, dirinya telah menginstruksikan jajarannya untuk menerapkan pembatasan kendaraan sehingga kunjungan wisata dapat terkendali selama akhir tahun hingga awal tahun depan.

Ganjil genap berlaku di tempat wisata prioritas yang memang selama ini ramai. Di antaranya Pantai Anyer, Pantai Carita, kawasan hotel, dan penginapan. Ganjil genap di situ supaya protokol kesehatan berjalan maksimal karena terkendali,” ucap Rudy dikutip dari Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Perang Karya Modifikasi Virtual Daihatsu Berhadiah Puluhan Juta

Penerapan ganjil genap tersebut dibarengi dengan pembatasan kapasitas pengunjung 50 persen, wajib menggunakan Peduli Lindungi, dan tidak boleh ada pesta perayaan baik di tempat terbuka maupun tempat tertutup.

Sebelumnya Pemerintah RI melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan menetapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Petugas kepolisian menutup akses menuju Pantai Anyer karena jumlah wisatawan sudah membludak, melebihi 50 persen kapasitas. Dokumentasi Istimewa Petugas kepolisian menutup akses menuju Pantai Anyer karena jumlah wisatawan sudah membludak, melebihi 50 persen kapasitas.

Tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri RI (Imendagri) Nomor 62 Tahun 2021, aturan tersebut berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Dalam beleid itu, disebut bahwa selama periode terkait pengaturan PPKM level 3 khusus diberlakukan untuk daerah-daerah sebagai destinasi yang menjadi pariwisata favorit.

Baca juga: Selama Libur Nataru 2021 Polisi Gelar Operasi Lilin

Antara lain, Bali, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, dan lain-lain. Guna menekan potensi keramaian, diterapkan juga beragam aturan turunan seperti ganjil genap.

Hanya saja, belum ada petunjuk teknis (juklak) atau aturan turunan yang merinci mengenai pemberlakuan ganjil genap pada wilayah dimaksud, begitu pula tentang aturan berkendaranya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.