Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Matikan AC Mobil Saat Menanjak Tambah Tenaga Mesin | Kondisi Terkini Marc Marquez | Nasib Honda Mobilio

Kompas.com - 27/11/2021, 06:30 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur tanjakan dan turunan tentu sudah umum dijumpai ketika mengemudi di daerah dengan kontur perbukitan atau pegunungan. Kemampuan mengemudi sangat diuji dalam menghadapi jalur semacam ini.

Kasus mobil kehilangan tenaga saat sedang melibas tanjakan bisa saja terjadi pada tiap pengemudi. Guna memperkecil risiko tersebut, umum dilakukan tindakan berupa mematikan AC mobil agar tenaga yang dihasilkan mesin lebih optimal.

Sementara itu, kabar terbaru kondisi Marc Marquez diungkapkan oleh adiknya, Alex Marquez. Marc sendiri saat ini tengah berjuang agar segera pulih dari cedera yang dialaminya usai mengalami kecelakaan saat berlatih off road.

"Kami hanya bisa menunggu dan saat Natal kami akan melihat bagaimana situasinya berkembang. Saya bukan dokter, tapi saya tahu Marc sudah mengalami masalah ini pada 2011," kata Alex.

Lebih detail, berikut 5 artikel terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Kompas Otomotif pada Jumat, 26 November 2021.

1. Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

Jalan menanjak dan rusak.Agung Kurniawan Jalan menanjak dan rusak.

Ruas jalan di Indonesia memiliki kondisi jalan yang berbeda-beda, khusunya di daerah pegunungan. Tanjakan dan turunan yang curam pasti bakal sering dijumpai.

Tidak sedikit kasus pengemudi mobil yang tiba-tiba mundur karena kesulitan saat menanjak. Penyebabnya beragam, bisa karena beban muatan yang banyak, kurangnya skill pengemudi, hingga power mobil yang terbatas.

Baca juga: Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

2. Sang Adik Ceritakan Kondisi Terkini Marc Marquez

Marc Marquez di Circuit Of The AmericasTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Circuit Of The Americas

Marc Marquez harus menutup musim 2021 lebih cepat karena cedera akibat berlatih off road. Marc mengalami gegar otak ringan dan kemudian penglihatan ganda.

Hasil pemeriksaan medis menunjukkan bahwa juara dunia delapan kali itu memiliki diplopia di saraf mata kanannya. Masalah sama yang pernah dialami pebalap Repsol Honda tersebut pada 2011.

Baca juga: Sang Adik Ceritakan Kondisi Terkini Marc Marquez

3. Honda Bicara soal Nasib Mobilio

Honda Mobilio di booth Honda pada GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Mobilio di booth Honda pada GIIAS 2021.

PT Honda Prospect Motor (HPM) sampai saat ini masih mempertahankan Mobilio dengan tampilan lawas. Padahal, para rival yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah sudah melakukan perubahan signifikan.

Seperti diketahui, Mobilio sendiri sudah cukup lama tak mendapatkan sentuhan baru. Bahkan, meski pasar MPV murah masih signifikan di Indonesia, Honda justru memilih meluncurkan generasi baru dari BR-V.

Baca juga: Honda Bicara soal Nasib Mobilio

4. Wacana Denda Truk ODOL yang Masuk Tol, Ini Tanggapan Aptrindo

Ilustrasi truk ODOL di jalan tol. KOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi truk ODOL di jalan tol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com