Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2021, 16:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kecelakaan yang mengakibatkan mobil terbalik kerap terjadi di jalan tol. Hal ini menjadi perhatian khusus, apakah benar mobil mudah terbalik pada saat dikemudikan.

Kebanyakan dari kejadian mobil terbalik mengakibatkan banyak korban jiwa baik dari pengemudi maupun penumpang. Karena itu, pengemudi wajib waspada dan mengetahui beberapa hal yang dapat mengakibatkan mobil terbalik saat kecelakaan.

Baca juga: Nonton WSBK Harga Tiket Rp 19 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada tiga hal yang bisa menyebabkan kendaraan terbalik saat mengalami kecelakaan. Pertama yaitu fatigue, overspeed, dan melakukan zig-zag.

Sebuah mobil Toyota Avanza bernomor polisi B-1236-SIW terbalik di Jalan JORR TB Simatupang KM 21, Cilandak, Jakarta pada Kamis (1/10/2020) pagi.Dok. Istimewa Sebuah mobil Toyota Avanza bernomor polisi B-1236-SIW terbalik di Jalan JORR TB Simatupang KM 21, Cilandak, Jakarta pada Kamis (1/10/2020) pagi.

“Fatigue atau kelelahan bisa menyebabkan pengemudi mengalami microsleep sehingga bisa kehilangan kendali kendaraannya,” kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Kejadian kelelahan pada pengemudi biasanya menimbulkan microsleep yang membahayakan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Baca juga: Transmisi CVT New Avanza Beda dengan CVT Lainnya

Menurut Marcell, microsleep memiliki periode dari mulai dua hingga 30 detik. Biasanya terjadi saat pengemudi melewati jalanan yang monoton.

“Saat pengemudi tidak sadar dalam waktu beberapa detik dalam kecepatan yang tinggi, itu bisa berbahaya,” ucap Marcell.

Kemudian overspeed atau mengemudikan mobil dengan kecepatan yang berlebihan. Melaju dengan kecepatan tinggi mengakibatkan kendaraan susah dikendalikan dan akhirnya hilang kendali.

Tabrak Pohon Gara-Gara Ngantuk Mobil Terbalik Hingga Palang Jalan RayaKOMPAS.COM/JUNAEDI Tabrak Pohon Gara-Gara Ngantuk Mobil Terbalik Hingga Palang Jalan Raya

Saat kendaraan hilang kendali, kendaraan bisa menabrak pembatas jalan atau bahkan kendaraan lain yang mengakibatkan mobil terbalik.

Baca juga: Ada Oknum Nakal Modus Sewa Kendaraan di Bali, Cek Kendaraan Dahulu

“Penyebab mobil terbalik yang terakhir yaitu berjalan zig-zag dalam kecepatan tinggi. Apalagi jika pengemudi tidak memiliki kemampuan yang baik, mobil akan semakin sulit dikendalikan hingga menyebabkan terguling,” kata Marcell.

Kemampuan mobil dalam melakukan manuver juga berbeda-beda. Selain skill, pengemudi harus memahami aturan dan ketentuan yang berlaku. Pengemudi juga tidak boleh egois di jalan yang digunakan oleh banyak orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.