BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mitsubishi

Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2021, Ini Deretan Fitur dan Teknologi Mitsubishi New Xpander

Kompas.com - 24/11/2021, 18:54 WIB
Mengusung model minor change (MMC), Mitsubishi menyematkan Dynamic Shield sebagai ciri khas bagian depan Xpander. Meski demikian, visual New Xpander menampilkan kesan lebih futuristik. Dok. Mitsubishi IndonesiaMengusung model minor change (MMC), Mitsubishi menyematkan Dynamic Shield sebagai ciri khas bagian depan Xpander. Meski demikian, visual New Xpander menampilkan kesan lebih futuristik.

KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross untuk konsumen di Tanah Air, Senin (8/11/2021). Peluncurannya berhasil mengundang antusiasme masyarakat.

Hal itu terlihat pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November 2021 di ICE BSD, Tangerang. Dalam perhelatan itu, Mitsubishi New Xpander yang dipamerkan berhasil menyedot perhatian pengunjung

Tak tanggung-tanggung, New Xpander masuk daftar sebagai kendaraan paling banyak dicoba pengunjung GIIAS 2021 atau most driven car.

Mengusung siluet bodi yang tegas, New Xpander jadi trendsetter sebagai low multi purpose vehicle (Low MPV) dengan desain mirip sport utility vehicle (SUV).

Baca juga: Mitsubishi Kenalkan Aplikasi MMID dan MIRA di GIIAS 2021, Berikut Ulasannya

Mitsubishi tak hanya membawa ubahan New Xpander dari sisi tampilan saja, tetapi juga menyematkan sejumlah fitur dan teknologi canggih. Berikut ulasan lengkapnya.

Eksterior

Mengusung model minor change (MMC), Mitsubishi menyematkan Dynamic Shield sebagai ciri khas bagian depan Xpander. Meski demikian, visual New Xpander menampilkan kesan lebih futuristik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan New Xpander ada pada permainan warna di grill yang menggunakan kelir black metallic. Hal ini berbeda dengan Xpander model sebelumnya yang dihiasi aksen krom.

Gubahan minor tersebut dinilai sebagai salah satu langkah Mitsubishi untuk mempertahankan kesan SUV yang tangguh.

Baca juga: Intip Spesifikasi Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross yang Mejeng di GIIAS 2021

New Xpander Cross didesain dengan lekuk tubuh mascular alias berotot sehingga tampak tegas jika dilihat dari sisi samping.

Adapun pembaruan eksterior terdiri dari model bumper depan, lampu LED dengan desain T-Shape, penyematan under guard, dan pelek 17 inci two tone dengan desain baru.

Sisi eksterior juga dilengkapi side sill garnish, T-Shape LED tailgate, serta electric switch tailgate door handle.

Adapun fitur electric switch tail gate door handle berfungsi untuk memudahkan pemilik membuka pintu bagasi hanya dengan satu tekanan.

Baca juga: Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, Mitsubishi Fuso Hadirkan Beragam Promo Spesial di Ajang GIIAS 2021

Interior dan fitur pendukung

Mitsubishi New Xpander menawarkan ruang kabin yang lebih lapang dengan kapasitas 7 penumpang serta 19 ruang penyimpanan (storage).

Perubahan desain interior New Xpander pun tampak jelas. Hal ini ditandai dari penggunaan material soft pad pada dasbor dan door trim, desain setir baru, serta jok yang dibalut dengan warna black and navy.

Balutan warna tersebut memberi kesan berbeda karena nuansa kabin jadi terasa lebih gelap, tetapi elegan layaknya mobil papan atas.

Pada bagian dasbor juga dipasangi head unit layar sentuh dengan ukuran lebih besar dari versi lawas, yakni 9 inci. Selain itu, ornamen kelir di meter cluster juga berubah sehingga tampilan multi information display (MID) tampak lebih modern.

Baca juga: Adaptasi dengan Digitalisasi, Mitsubishi Fuso Perkenalkan Aplikasi Runner

Tak hanya itu, interior New Xpander juga ditambahkan console tray dan card holder, floor console dengan armrest, desain baru panel air conditioner (AC), serta armrest baru pada jok baris kedua dengan cup holder.

Kemudian, ada pula rear dial AC garnish dengan tambahan dua colokan new rear USB.
Bagian kokpit pun tampak lebih mewah dengan New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch.

New Xpander juga dilengkapi AC panel digital, New Design Meter Cluster with Opening Animation, serta desain terbaru steering wheel dengan audio steering dan hands free switch.

Suspensi dan transmisi

Mitsubishi New Xpander masih konsisten menggunakan basis mesin 1.5 L MIVEC DOHC 16-Valve 1.500 cc dengan spesifikasi Euro4. Spesifikasi ini mampu menghasilkan output tenaga maksimal 105 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi optimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga: Mitsubishi Tertarik Pasang Fitur Radar buat Xpander

Menariknya, New Xpander juga dibekali transmisi continuous variable transmission (CVT). Fitur ini berguna untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Dengan begitu, New Xpander dapat memberi pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan, dan efisien.

Selain itu, New Xpander juga dibekali suspensi terbaru. Adapun peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber dilakukan dengan tuning terbaru. Suspensi anyar ini menghasilkan kendali dan stabilitas yang lebih nyaman. Alhasil, berkendara di jalan yang kasar jadi lebih stabil.

Pembaruan pada New Xpander juga bisa dilihat dengan kehadiran fitur exhaust gas recirculation (EGR) untuk mengurangi emisi gas buang serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Mitsubishi Gelar Peluncuran Lokal Xpander dan Xpander Cross di 15 Kota

Keamanan dan keselamatan

Untuk diketahui, New Xpander juga dilengkapi beragam fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbags, struktur RISE body, seatbelt dengan ELR 3 titik, dan ISOFIX child seating fixing bar.

Ada pula Active Stability Control (ASC), Anti Lock Braking System-Electronic Brake Force Distribution (ABS-EBD) dengan Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), serta Hill Start Assist (HSA). Fitur-fitur ini hadir mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

Selain itu, New Xpander juga dibekali speed sensitive automatic door lock sebagai pelengkap fitur keselamatan lain yang sudah ada pada versi sebelumnya.

Tuas rem tangan juga digantikan dengan model elektrik yang lebih modern. Fitur ini dapat diaktifkan cukup dengan tarikan jari tangan. Rem tangan elektrik ini juga dilengkapi dengan fitur auto hold.

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.