BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mitsubishi
Salin Artikel

Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2021, Ini Deretan Fitur dan Teknologi Mitsubishi New Xpander

KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross untuk konsumen di Tanah Air, Senin (8/11/2021). Peluncurannya berhasil mengundang antusiasme masyarakat.

Hal itu terlihat pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November 2021 di ICE BSD, Tangerang. Dalam perhelatan itu, Mitsubishi New Xpander yang dipamerkan berhasil menyedot perhatian pengunjung

Tak tanggung-tanggung, New Xpander masuk daftar sebagai kendaraan paling banyak dicoba pengunjung GIIAS 2021 atau most driven car.

Mengusung siluet bodi yang tegas, New Xpander jadi trendsetter sebagai low multi purpose vehicle (Low MPV) dengan desain mirip sport utility vehicle (SUV).

Mitsubishi tak hanya membawa ubahan New Xpander dari sisi tampilan saja, tetapi juga menyematkan sejumlah fitur dan teknologi canggih. Berikut ulasan lengkapnya.

Eksterior

Mengusung model minor change (MMC), Mitsubishi menyematkan Dynamic Shield sebagai ciri khas bagian depan Xpander. Meski demikian, visual New Xpander menampilkan kesan lebih futuristik.

Perubahan New Xpander ada pada permainan warna di grill yang menggunakan kelir black metallic. Hal ini berbeda dengan Xpander model sebelumnya yang dihiasi aksen krom.

Gubahan minor tersebut dinilai sebagai salah satu langkah Mitsubishi untuk mempertahankan kesan SUV yang tangguh.

New Xpander Cross didesain dengan lekuk tubuh mascular alias berotot sehingga tampak tegas jika dilihat dari sisi samping.

Adapun pembaruan eksterior terdiri dari model bumper depan, lampu LED dengan desain T-Shape, penyematan under guard, dan pelek 17 inci two tone dengan desain baru.

Sisi eksterior juga dilengkapi side sill garnish, T-Shape LED tailgate, serta electric switch tailgate door handle.

Adapun fitur electric switch tail gate door handle berfungsi untuk memudahkan pemilik membuka pintu bagasi hanya dengan satu tekanan.

Interior dan fitur pendukung

Mitsubishi New Xpander menawarkan ruang kabin yang lebih lapang dengan kapasitas 7 penumpang serta 19 ruang penyimpanan (storage).

Perubahan desain interior New Xpander pun tampak jelas. Hal ini ditandai dari penggunaan material soft pad pada dasbor dan door trim, desain setir baru, serta jok yang dibalut dengan warna black and navy.

Balutan warna tersebut memberi kesan berbeda karena nuansa kabin jadi terasa lebih gelap, tetapi elegan layaknya mobil papan atas.

Pada bagian dasbor juga dipasangi head unit layar sentuh dengan ukuran lebih besar dari versi lawas, yakni 9 inci. Selain itu, ornamen kelir di meter cluster juga berubah sehingga tampilan multi information display (MID) tampak lebih modern.

Tak hanya itu, interior New Xpander juga ditambahkan console tray dan card holder, floor console dengan armrest, desain baru panel air conditioner (AC), serta armrest baru pada jok baris kedua dengan cup holder.

Kemudian, ada pula rear dial AC garnish dengan tambahan dua colokan new rear USB.
Bagian kokpit pun tampak lebih mewah dengan New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch.

New Xpander juga dilengkapi AC panel digital, New Design Meter Cluster with Opening Animation, serta desain terbaru steering wheel dengan audio steering dan hands free switch.

Suspensi dan transmisi

Mitsubishi New Xpander masih konsisten menggunakan basis mesin 1.5 L MIVEC DOHC 16-Valve 1.500 cc dengan spesifikasi Euro4. Spesifikasi ini mampu menghasilkan output tenaga maksimal 105 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi optimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Menariknya, New Xpander juga dibekali transmisi continuous variable transmission (CVT). Fitur ini berguna untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Dengan begitu, New Xpander dapat memberi pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan, dan efisien.

Selain itu, New Xpander juga dibekali suspensi terbaru. Adapun peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber dilakukan dengan tuning terbaru. Suspensi anyar ini menghasilkan kendali dan stabilitas yang lebih nyaman. Alhasil, berkendara di jalan yang kasar jadi lebih stabil.

Pembaruan pada New Xpander juga bisa dilihat dengan kehadiran fitur exhaust gas recirculation (EGR) untuk mengurangi emisi gas buang serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Keamanan dan keselamatan

Untuk diketahui, New Xpander juga dilengkapi beragam fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbags, struktur RISE body, seatbelt dengan ELR 3 titik, dan ISOFIX child seating fixing bar.

Ada pula Active Stability Control (ASC), Anti Lock Braking System-Electronic Brake Force Distribution (ABS-EBD) dengan Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), serta Hill Start Assist (HSA). Fitur-fitur ini hadir mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

Selain itu, New Xpander juga dibekali speed sensitive automatic door lock sebagai pelengkap fitur keselamatan lain yang sudah ada pada versi sebelumnya.

Tuas rem tangan juga digantikan dengan model elektrik yang lebih modern. Fitur ini dapat diaktifkan cukup dengan tarikan jari tangan. Rem tangan elektrik ini juga dilengkapi dengan fitur auto hold.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/24/185400215/curi-perhatian-pengunjung-giias-2021-ini-deretan-fitur-dan-teknologi

Bagikan artikel ini melalui
Oke