Kompas.com - 24/11/2021, 08:41 WIB
Honda ADV350 Dok. HondaHonda ADV350

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia, Honda memperkenalkan skuter matik (skutik) petualang terbarunya, yakni ADV350. Skutik ini sudah lama dibicarakan sebelumnya.

Secara konsep desain, masih tetap mengusung New Urban Adventure. Desainnya tak jauh berbeda dengan X-ADV dan ADV150. Skutik petualang ini dibuat di pabrik Honda di Atessa, Italia.

Baca juga: Honda ADV 350 Belum Meluncur, Pesaingnya Sudah Hadir

Dikutip dari Moto.it, Rabu (24/11/2021), skutik ini tidak hanya ditujukan untuk melibas medan aspal dan tanah. Soal kenyamanan pengendaranya juga diutamakan.

Honda ADV350Dok. Honda Honda ADV350

Di bagian bagasi di bawah jok yang berkapasitas 48 liter, dapat memuat dua helm sekaligus. Di kompartemen depan, disediakan USB-C untuk mengecas ponsel. Selain itu, sudah mengadopsi teknologi keyless.

Windshield juga bisa diatur ketinggian dengan empat pengaturan. Lalu, pada layar LCD yang menjadi panel instrumennya juga dapat terintegrasi dengan sistem konektivitas Honda Smartphone Voice Control.

Baca juga: ADV 350 Meluncur, Tapi Bukan Honda

Fitur kontrol traksi Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Emergency Stop Signal (ESS) menjadi fitur standar yang disematkan pada ADV350.

Honda ADV350Dok. Honda Honda ADV350

Honda mengandalkan rangka tubular baja, suspensi depan upside down dan suspensi belakang model tabung. Suspensi depannya juga memiliki travel atau jarak main yang cukup panjang, yakni 125 mm.

Suspensi tersebut diklaim lebih dapat memberikan pengendalian dan stabilitas yang luar biasa, serta menyerap benturan lebih baik.

Untuk rodanya, masih menggunakan diameter yang berbeda antara depan dan belakang. Peleknya juga yang pertama kalinya untuk skutik, yakni die-cast aluminium. Ban depannya berukuran 120/70-15 dan ban belakangnya berukuran 140/70-14.

Honda ADV350Dok. Honda Honda ADV350

Pada sistem pengeremannya, di bagian depan sudah dibekali rem cakram dengan diameter 256 mm dan cakram belakang berdiameter 240 mm.

Di sektor mesin, skutik petualang ini ditenagai dengan mesin berkapasitas 330 cc, SOHC, 4 katup, dan berteknologi eSP+. Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 29,2 tk pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 31,5 Nm pada 5.250 rpm. Mesinnya sudah lulus emisi dengan standar Euro 5.

Honda ADV350Dok. Honda Honda ADV350

Konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat tembus 24 km/liter. Sementara dengan kapasitas tangki bahan bakarnya yang mencapai 11,7 liter, jarak tempuhnya dapat mencapai 340 km.

Honda ADV350 ini tersedia dalam tiga warna, yakni, Spangle Silver Metallic, Mat Carbonium Gray Metallic, dan Mat Carnelian Red Metallic. Sayangnya, Honda belum mengumumkan berapa harga yang dipatok untuk skutik petualang ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.