Kompas.com - 23/11/2021, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas M8 Nusantara yang melakukan perjalanan keliling Indonesia menggunakan sepeda motor sejak 14 Agustus 2021, kini sudah memasuki Etape 2.

Komunitas motor tersebut langsung disambut meriah oleh penduduk Polewali Mandar (Polman) dan Boroko Provinsi Sulawesi Barat. "Kita Indonesia, Kita Luar Biasa" menjadi salam yang dikumandangkan siswa dan siswi di SMPN 3 dan SMPN 1, saat bikers M8 Nusantara menyambangi dua sekolah tersebut.

Kota Polman menjadi salah satu tempat yang disinggahi di Etape 2 perjalanan "Identitas Indonesia" setelah menempuh lebih dari 1500 km di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Para riders-nya terdiri dari sepasang suami istri Vincent Soetedja yang menggunakan Triumph Tiger 900 Rally dan Efi Juwita mengendarai Ducati Scrambler Icon 800, serta ditemani dua orang temannya, Hefli Harun dan Patricia Jesslin yang sama-sama menunggangi Yamaha MT-25.

Baca juga: Jadi Safety Car di WSBK, Hyundai i30 Fastback Mau DIjual?

M8 NusantaraM8 Nusantara M8 Nusantara

Bukan hanya menggali budaya dan adat, khusus untuk kota Polman, SMPN 3 dan SMPN 1 menjadi ajang berbagi pengalaman tentang keindahan dan keragaman berbagai daerah di Indonesia yang telah dijelajahi oleh M8 Nusantara.

"Pengaruh budaya dari Sulawesi sangat kuat khususnya di Lombok hingga Sumba, dan ini menunjukkan besarnya pengaruh kerajaan-kerajaan di Sulawesi di masa lampau,” kata Efi Juwita.

Hefli Harun menambahkan, anak anak perlu dikenalkan dengan kebesaran bangsa Indonesia agar mereka bisa menyikapi modernisasi budaya tanpa meninggalkan adat.

“Kami disambut dengan baik dan berkesempatan memberikan materi wawasan kebangsaan dan wawasan nasional kepada para murid,” tukas Hefli.

Sementara itu agar menarik dan mudah dicerna, Jesslin mengungkapkan materi yang disampaikan dibuat sesederhana mungkin.

M8 NusantaraM8 Nusantara M8 Nusantara

"Kami berbagi tentang keberagaman Indonesia dengan anak-anak, dalam format game yang interaktif. Sangat seru dan mudah diingat untuk memperkaya wawasan kebangsaan mereka,” kata Jesslin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.