Suzuki Luncurkan Skutik Avenis 125, Bisa Terkoneksi Ponsel

Kompas.com - 23/11/2021, 10:02 WIB
Suzuki Avenis 125 Dok. SuzukiSuzuki Avenis 125

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Suzuki resmi meluncurkan skuter matik (skutik) terbarunya kelas 125 cc di India. Skutik yang diberi nama Avenis 125 tersebut bisa jadi pesaing terdekat Yamaha FreeGo.

Dari segi desain, tampilannya cukup sporty dan agresif. Banyak lekuk bodi yang tajam dengan garis-garis yang tegas. Bodinya juga sedikit berisi, mirip dengan FreeGo.

Baca juga: Skutik 125 cc Yamaha Qbix Mau Masuk Indonesia, Bukan Lewat ATPM

Lampu depannya dibuat bertumpuk secara vertikal. Tepat di sisi kiri dan kanan, dihiasi dengan DRL. Lampu seinnya sendiri terpisah di bagian batok atau cover setang.

Suzuki Avenis 125Dok. Suzuki Suzuki Avenis 125

Sedangkan pada lampu belakangnya, modelnya cukup unik, karena terpisah menjadi dua bagian, kiri dan kanan. Lampu seinnya juga tidak terintegrasi.

Pada bawah jok, terdapat ruang yang cukup luas hingga 21,8 liter. Bagasi tersebut dapat digunakan untuk menyimpan helm. Fitur unggulan lainnya adalah USB port dan panel instrumen full digital.

Baca juga: Alasan Yamaha Getol Bermain di Skutik 125 Cc

Suzuki Avenis 125Dok. Suzuki Suzuki Avenis 125

Salah satu keunikannya adalah tangki bensinnya. Tutup tangki berada di buritan, tepatnya di atas lampu belakang. Jadi, tidak perlu repot-repot buka jok untuk mengisi bensin.

Suzuki Avenis 125Dok. Suzuki Suzuki Avenis 125

Lalu pnel instrumennya dapat dihubungkan dengan smartphone via bluetooth dengan menggunakan aplikasi Suzuki Ride Connect. Panel instrumen tersebut dapat menampilkan telepon masuk dan navigasi.

Pada sektor mesinnya, Avenis 125 memiliki mesin SOHC berkapasitas 125 cc, dan berpendingin cairan. Mesinnya dapat menghasilkan tenaga hingga 8,5 tk pada 6.750 rpm dan torsinya 10 Nm pada 5.500 rpm.

Suzuki Avenis 125Dok. Suzuki Suzuki Avenis 125

Bobotnya hanya 106 kg dengan kapasitas tangki bensin mencapai 5,2 liter. Rodanya menggunakan ring 12 inci dan dipadukan dengan ban depan berukuran 90/90-12 dan ban belakang 100/90.

Sayangnya, skutik ini baru diluncurkan untuk pasar India. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni Ride Connect Edition dan Race Edition dengan livery MotoGP.

Suzuki Avenis 125Dok. Suzuki Suzuki Avenis 125

Dikutip dari Greatbiker.com, Selasa (23/11/2021, untuk Ride Connect Edition, dibanderol 86.700 rupee atau kisaran Rp 16,6 jutaan. Sedangkan untuk Race Edition, harganya 87.000 rupee atau sekitar Rp 16,6 jutaan juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.