Perbedaan Safety Car Hyundai i30 Fastback N dengan Versi Standar

Kompas.com - 23/11/2021, 10:22 WIB
Hyundai i30 Fastback N
HyundaiHyundai i30 Fastback N

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang menonton gelaran balap motor World Superbike (WSBK) yang bergulir di Pertamina Mandalika Street Circuit, pekan lalu, pasti tidak asing dengan safety car yang wara-wiri sebelum balapan mulai.

Mobil khusus itu adalah, Hyundai i30 Fastback N yang resmi ditunjuk selama tiga tahun terakhir sebagai safety car dalam ajang WorldSBK.

Hyundai i30 Fastback N sejatinya sudah dijual di pasar global seperti Australia dan Inggris. Namun, ada perbedaan dengan i30 Fastback N yang digunakan sebagai safety car di ajang balap WSBK dengan versi standar.

Cristian Siso Paris, Official Safety Car Driver WSBK mengatakan, meski sepintas sama dengan versi publik, tapi sebetulnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baca juga: Bio Smart & Safe Bus Dibawa ke Kemendikbusristek dan Kemenhub

Perbedaan mobil ini dari versi publik atau standar, bisa dilihat pada rem, knalpot, bucket seat yang sudah menggunakan karbon,” ucap Cristian kepada Kompas.com di Mandalika, Minggu (20/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hyundai i30NKompas.com/nanda Hyundai i30N

Pengereman pada mobil safety car memang sengaja dibuat lebih besar. Peningkatan ini diperlukan mengingat pengereman di sirkuit berbeda dengan jalan biasa.

Kemudian, untuk saluran gas buang (knalpot) juga berbeda, Hal ini terlihat dari sepasang lubang di buritan yang cukup besar.

Baca juga: Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Dikembangkan demi Kurangi Emisi GRK

Sementara untuk bagian interior tak ada perubahan berarti kecuali tempat meletakan denah sirkuit di bagian konsol tengah. Bahkan sistem multimedia standar pun masih terpasang dan jok belakang standar masih ada.

Hanya saja kedua kursi depan yang diganti model bucket yang ditambahkan dengan sentuhan karbon.

“Sisanya sama saja, soal dimensi dan mesin tidak berbeda dengan versi publik atau standar, Hanya saja ada beberapa aksesori tambahan seperti lampu,” kata Cristian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.