Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Garapan Pindad Dijual Mulai Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 23/11/2021, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad Persero memperkenalkan prototipe motor listrik terbarunya, MotoEV pada ajang balap motor internasional, World Superbike (WSBK) yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Jumat 19 sampai 21 November 2021.

Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (Persero) Syaifuddin mengatakan, event WSBK memang sengaja dimanfaatkan untuk mengekspos dan memperkenalkan kendaraan listrik MotoEV ke masyarakat.

Rencananya, setelah gelaran WSBK usai, pihaknya akan mulai produksi MotoEV secara massal setelah penyempurnaan dilakukan. Tak tanggung-tanggung, Pindad langsung menaruh target penjualan yang cukup tinggi untuk konsumen di Indonesia.

Baca juga: Bio Smart & Safe Bus Dibawa ke Kemendikbusristek dan Kemenhub

“Targetnya, sekitar 50.000 sampai 100.000 unit yang kita delivery ke pasar,” ucap Syaifuddin kepada Kompas.com, saat ditemui di Mandalika akhir pekan lalu.

Supermoto Listrik Pindad MotoEVPINDAD Supermoto Listrik Pindad MotoEV

Sementara untukl kisaran harga, Syaifuddin belum bisa memastikan. Sebab motor ini masih prototipe dan belum produksi massal.

Harga belum rilis, karena masih prototipe. Tapi kemungkinan berada di kisaran Rp 30 juta hingga Rp 80 juta,” kata dia.

Baca juga: Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Dikembangkan demi Kurangi Emisi GRK

Sebagi informasi, MotoEV adalah motor listrik dengan kekuatan 5 kW, menggunakan baterai lithium dengan waktu pengecasan sekitar 3-4 jam, dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian baterai dan memiliki kecepatan maksimal hingga 120 km per jam.

Pindad mengklaim motor listrik ini mampu memberikan penghematan besar dari sisi penggunaan bahan bakar. Selain itu, juga disebut sebagai hasil inovasi dan pengembangan  anak bangsa, dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com