Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Safety Car Hyundai i30 Fastback N dengan Versi Standar

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang menonton gelaran balap motor World Superbike (WSBK) yang bergulir di Pertamina Mandalika Street Circuit, pekan lalu, pasti tidak asing dengan safety car yang wara-wiri sebelum balapan mulai.

Mobil khusus itu adalah, Hyundai i30 Fastback N yang resmi ditunjuk selama tiga tahun terakhir sebagai safety car dalam ajang WorldSBK.

Hyundai i30 Fastback N sejatinya sudah dijual di pasar global seperti Australia dan Inggris. Namun, ada perbedaan dengan i30 Fastback N yang digunakan sebagai safety car di ajang balap WSBK dengan versi standar.

Cristian Siso Paris, Official Safety Car Driver WSBK mengatakan, meski sepintas sama dengan versi publik, tapi sebetulnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

“Perbedaan mobil ini dari versi publik atau standar, bisa dilihat pada rem, knalpot, bucket seat yang sudah menggunakan karbon,” ucap Cristian kepada Kompas.com di Mandalika, Minggu (20/11/2021).

Pengereman pada mobil safety car memang sengaja dibuat lebih besar. Peningkatan ini diperlukan mengingat pengereman di sirkuit berbeda dengan jalan biasa.

Kemudian, untuk saluran gas buang (knalpot) juga berbeda, Hal ini terlihat dari sepasang lubang di buritan yang cukup besar.

Sementara untuk bagian interior tak ada perubahan berarti kecuali tempat meletakan denah sirkuit di bagian konsol tengah. Bahkan sistem multimedia standar pun masih terpasang dan jok belakang standar masih ada.

Hanya saja kedua kursi depan yang diganti model bucket yang ditambahkan dengan sentuhan karbon.

“Sisanya sama saja, soal dimensi dan mesin tidak berbeda dengan versi publik atau standar, Hanya saja ada beberapa aksesori tambahan seperti lampu,” kata Cristian.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/23/102200915/perbedaan-safety-car-hyundai-i30-fastback-n-dengan-versi-standar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke