Subaru Solterra, SUV Listrik Perdana Kolaborasi dengan Toyota

Kompas.com - 22/11/2021, 15:21 WIB
SUV listrik Subaru Solterra SUBARU.comSUV listrik Subaru Solterra
|

JAKARTA, KOMPAS.comSubaru akhirnya resmi mengenalkan SUV listrik perdana, Subaru Solterra. Mobil merupakan battery electric vehicle (BEV) yang dikembangkan Subaru bersama Toyota.

Mobil listrik ini akan dijual pertama kali di AS, Kanada, dan Eropa pada 2022. Namun sampai sekarang Subaru belum mengumumkan perihal harganya.

Dilansir dari situs resminya (22/11/2021), Solterra akan hadir dalam varian penggerak roda depan dan semua roda (AWD).

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Harus ke Samsat

SUV listrik Subaru SolterraSUBARU.com SUV listrik Subaru Solterra

Mobil ini ditenagai synchronous motor AC 150kW (201 tk) untuk penggerak roda depan, atau sepasang motor 80kW (107 tk) untuk varian AWD yang menggerakkan setiap poros. Total tenaga untuk penggerap semua roda mencapai 160kW (214 tk).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua model menggunakan baterai 71,4kWh yang ditempatkan di bawah lantai kendaraan. Dengan baterai ini, Subaru memperkirakan mobil bisa menempuh jarak sekitar 530 km. Sedangkan untuk varian AWD lebih rendah, dengan jangkauan sekitar 460 km.

Saat baterai hampir habis, Solterra dapat melakukan pengisian cepat DC hingga 150kW. Meski begitu, Subaru tidak memberikan perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Baca juga: Berlaku Saat Libur Nataru, Ini Aturan Berkendara Selama PPKM Level 3

Mobil listrik Subaru SolterraSUBARU.com Mobil listrik Subaru Solterra

Sebagai perbandingan, Toyota mengatakan bahwa BZ4X-nya, yang dibangun di atas platform EV yang sama, akan membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga kapasitas 80 persen.

Untuk diketahui, BZ4X juga akan keluar pada tahun 2022 dan akan dibangun di atas platform bersama ini, yang oleh Toyota disebut e-TNGA dan Subaru disebut e-Subaru.

Berbeda dengan BZ4X, Solterra tampaknya memiliki interior dan setir yang normal. Sementara Toyota menyertakan setir yang mirip dengan kemudi pesawat.

Baca juga: Kasih Sein Kanan Belok Kiri, Emak-emak Adu Mulut dengan Biker

Mobil listrik Subaru Solterra saat melewati jalan semi offroad.SUBARU.com Mobil listrik Subaru Solterra saat melewati jalan semi offroad.

Subaru mengatakan bahwa seperti SUV bermesin bakar internal lainnya, Solterra akan menampilkan sistem kontrol X-Mode AWD yang dapat meningkatkan rasa aman saat berkendara di jalan yang kasar.

Mobil ini juga memiliki fitur Grip Control Function yang memungkinkan mobil berjalan dengan kecepatan konstan sambil menstabilkan kendaraan, bahkan di jalan semi offroad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.