Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Aluminium Body Bakal Hadir pada Avante Series Lainnya

Kompas.com - 22/11/2021, 08:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.comKaroseri Tentrem yang ikut bersama Hino untuk tampil di GIIAS 2021 menampilkan satu-satunya bus yang ada di pameran tersebut. Padahal jika melihat GIIAS 2019, terdapat beberapa karoseri bus yang mejeng, seperti Laksana dan Adiputro.

Karena menjadi satu-satunya bus yang hadir di GIIAS 2021, Karoseri Tentrem turut memperkenalkan produk terbaru, yakni Avante H7 AB. Perbedaan dengan Avante H7 biasa adalah bodinya yang kini memakai bahan aluminium (Aluminium Body).

Bodi terbaru dari Karoseri Tentrem ini diklaim lebih ringan 500 kg. Efek dari bodi yang lebih ringan adalah bisa menghemat bahan bakar serta ban yang lebih awet karena beban tidak terlalu berat.

Baca juga: Daihatsu Bawa Terios Versi Irit di GIIAS 2021

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Lalu apakah Aluminium Body ini juga bisa digunakan pada Avante lainnya? Mengingat Avante series buatan Karoseri Tentrem terdapat beberapa model, seperti H8, H9, dan D2 atau double decker.

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem mengatakan, tidak menutup kemungkinan bodi lain buatan karoseri Tentrem bakal menggunakan bahan aluminium layaknya pada Avante H7 AB.

Jadi semuanya kembali pada pesanan dari pemesan bodi bus. Misalnya ada yang mau untuk memakai bodi Avante H8 tapi bodinya ingin lebih ringan, Avante AB ini bisa menjadi pilihannya.

Baca juga: Masih Ada yang Salah Paham, Crumple Zone Memang Dibuat Mudah Ringsek

“Dibanding H7 biasa, ini lebih ringan 500 kg. Biasanya H7 beratnya sekitar 13 ton, kalau yang ini (Avante H7 AB) ini sekitar 12,5 ton,” ucapnya di Tangerang, belum lama ini.

Bodi bus aluminium sebenarnya bukan hal baru pada karoseri di Indonesia. Misalnya seperti Nusantara Gemilang yang juga menggunakan pelat aluminium untuk bodinya. Tapi kini Karoseri Tentrem pun turut menyediakan pilihan bahan bodi bus yang lebih ringan.

“Dari PO kan banyak yang megeluh boros bahan bakar, ban juga. Jika menggunakan bodi aluminium ini jadi lebih irit karena ringan,” kata Hendro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com