Varian Aluminium Body Bakal Hadir pada Avante Series Lainnya

Kompas.com - 22/11/2021, 08:21 WIB
Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

TANGERANG, KOMPAS.comKaroseri Tentrem yang ikut bersama Hino untuk tampil di GIIAS 2021 menampilkan satu-satunya bus yang ada di pameran tersebut. Padahal jika melihat GIIAS 2019, terdapat beberapa karoseri bus yang mejeng, seperti Laksana dan Adiputro.

Karena menjadi satu-satunya bus yang hadir di GIIAS 2021, Karoseri Tentrem turut memperkenalkan produk terbaru, yakni Avante H7 AB. Perbedaan dengan Avante H7 biasa adalah bodinya yang kini memakai bahan aluminium (Aluminium Body).

Bodi terbaru dari Karoseri Tentrem ini diklaim lebih ringan 500 kg. Efek dari bodi yang lebih ringan adalah bisa menghemat bahan bakar serta ban yang lebih awet karena beban tidak terlalu berat.

Baca juga: Daihatsu Bawa Terios Versi Irit di GIIAS 2021

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Lalu apakah Aluminium Body ini juga bisa digunakan pada Avante lainnya? Mengingat Avante series buatan Karoseri Tentrem terdapat beberapa model, seperti H8, H9, dan D2 atau double decker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hendro Wibowo, GSO & Fleet Karoseri Tentrem mengatakan, tidak menutup kemungkinan bodi lain buatan karoseri Tentrem bakal menggunakan bahan aluminium layaknya pada Avante H7 AB.

Jadi semuanya kembali pada pesanan dari pemesan bodi bus. Misalnya ada yang mau untuk memakai bodi Avante H8 tapi bodinya ingin lebih ringan, Avante AB ini bisa menjadi pilihannya.

Baca juga: Masih Ada yang Salah Paham, Crumple Zone Memang Dibuat Mudah Ringsek

“Dibanding H7 biasa, ini lebih ringan 500 kg. Biasanya H7 beratnya sekitar 13 ton, kalau yang ini (Avante H7 AB) ini sekitar 12,5 ton,” ucapnya di Tangerang, belum lama ini.

Bodi bus aluminium sebenarnya bukan hal baru pada karoseri di Indonesia. Misalnya seperti Nusantara Gemilang yang juga menggunakan pelat aluminium untuk bodinya. Tapi kini Karoseri Tentrem pun turut menyediakan pilihan bahan bodi bus yang lebih ringan.

“Dari PO kan banyak yang megeluh boros bahan bakar, ban juga. Jika menggunakan bodi aluminium ini jadi lebih irit karena ringan,” kata Hendro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.