WSBK Baru Rampung, MGPA Langsung Bersiap buat MotoGP 2022

Kompas.com - 22/11/2021, 07:21 WIB
Para pebalap WSBK menjajal sirkuit pada sesi latihan bebas (free practice) 1, Jumat (19/11/2021) di Sirkuit Mandalika. KOMPAS.com/Mochamad SadheliPara pebalap WSBK menjajal sirkuit pada sesi latihan bebas (free practice) 1, Jumat (19/11/2021) di Sirkuit Mandalika.

MANDALIKA, KOMPAS.com - Sesi terakhir ajang balap World Superbike (WSBK) musim 2021 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021 usai digelar.

Beberapa kendala sempat terjadi saat penyelenggaraan WSBK, salah satunya adalah hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika, mengharuskan balapan ditunda dari yang semula hari Sabtu (20/11), menjadi hari Minggu (21/11).

Tak hanya itu, hujan deras pun membuat kondisi di lingkungan Sirkuit Mandalika menjadi becek. Hal ini membuat para pengunjung memberikan keluhan dengan situasi yang tidak memberikan kenyamanan tersebut.

Baca juga: Intip Detail dan Spesifikasi Motor Balap Idemitsu Asia Talent Cup 2021

Direktur Utama Mandalika GrandPrix Association Ricky Baheramsjah mengatakan, kendala cuaca seperti yang terjadi saat gelaran WSBK memang bukan sesuatu yang bisa diprediksi, namun ia mengaku sangat menyayangkan hal tersebut.

“Hal ini sangat disayangkan (balapan tertunda karena faktor cuaca). Tapi kejadian ini tak terduga, ya inilah yang terjadi. Yang jelas kita harus fokus dengan trek dan keselamatan rider,” ucap Ricky saat diwawancarai Kompas.com di Mandalika, Minggu (21/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi area penonton Sirkuit Mandalika pasca hujan derasKompas.com/Donny Kondisi area penonton Sirkuit Mandalika pasca hujan deras

Ricky melanjutkan, sebelumnya pihak MGPA telah berdiskusi dengan Federason InternaSonale de Motocyclisme (FIM) pada Sabtu Malam, usai balapan WSBK Race 1 batal digelar. Hasilnya, Sirkuit Mandalika memiliki daya serap air yang baik.

“Setelah kami berdiskusi dengan FIM pada Sabtu malam, saluran pembuangan air bekerja dengan baik. Satu-satunya masalah adalah hujan deras yang terjadi membuat visibilitas sangat buruk, itu kenapa kita memindahkan balapan dari hari Sabtu ke hari Minggu,” kata dia.

Lebih lanjut lagi, Ricky mengatakan, pihaknya dan Dorna Sport kini tengah bersiap untuk menyambut MotoGP 2022 yang rencananya juga akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Harus ke Samsat

“Persiapan untuk MotoGP akan dimulai besok. Dorna tim sudah di sini, dan kita sudah membicarakan semua tentang hal itu. Kita dalam tahap mempersiapkan bagaimana set up untuk MotoGP tahun 2022 supaya bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika bakal jadi venue balapan GP Indonesia yang rencananya akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022.

Selain masuk dalam kalender sementara, berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.