Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teman Bus Trans Mamminasata Resmi Beroperasi di Makassar

Kompas.com - 14/11/2021, 12:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI meresmikan pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan bernama Teman Bus: Trans Mamminasata di Makassar, Sabtu (13/11/2021).

"Kehadiran Teman Bus di Makassar, atau Trans Mamminasata ini telah didesain agar bisa menyesuaikan dengan angkutan perkotaan yang sudah ada lebih dulu. Nantinya angkutan tersebut menjadi feeder bagi Teman Bus, sehingga terkoneksi dengan baik," ucap Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya.

"Saya yakin Teman Bus pada tahun mendatang semakin banyak berkembang dan hadir di kota-kota seluruh Indonesia serta dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menekan tingkat polusi udara dan menghemat penggunaan bahan bakar fosil," kata ia melanjutkan.

Baca juga: Ini Lokasi Operasi Zebra Jaya di Kota Bekasi Mulai Senin

Program pengembangan angkutan umum massal di wilayah perkotaan dengan skema Buy The Service (BTS), merupakan program yang dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia sehingga muncul terobosan yang inovatif.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ditjen Perhubungan Darat (@ditjen_hubdat)

"Saya berharap, layanan ini hadir untuk memberikan sarana transportasi perkotaan yang lebih baik bagi masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar," kata PLT Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Trans Mamminasata melayani masyarakat pada jam operasional 06.00-23.00 WITA dengan jumlah total armada 81 unit bus.

Akan ada 4 rute layanan dengan 261 titik halte. Namun dari 4 trayek layanan, baru 1 yang sudah bisa digunakan mulai hari ini. Sementara 3 rute lainnya masih dipersiapkan agar lebih matang.

Baca juga: Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya MotoGP dan WSBK

Semua unit bus tersebut sudah disiapkan agar menjadi sarana transportasi umum yang inklusif, salah satunya yakni ramah terhadap kaum disabilitas.

Melalui program ini diharapkan simpul-simpul transportasi dapat saling terhubung seperti halnya Bandara Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Berikut 4 rute yang akan dilayani oleh Trans Mamminasata.

  • Koridor 1 Terminal Mallengkeri - Unhas via Jalan Metro Tj. Bunga (segera beroperasi).
  • Koridor 2 Mall Panakkukang - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.
  • Koridor 3 Kampus 2 PNUP - Kampus 2 PIP (segera beroperasi).
  • Koridor 4 Pelabuhan Soekarno Hatta - UIN Samata (segera beroperasi).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com