[POPULER OTOMOTIF] Suzuki Stop Penjualan Karimun Wagon R | Tipe Mobil yang Mendapat PPnBM Bertambah

Kompas.com - 21/11/2021, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan telah menghentikan penjualan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) alias Low Cost Green Car (LCGC), Karimun Wagon R di dalam negeri. Meskipun demikian, produksinya masih berjalan.

Kemudian ada berita mengenai tipe mobil yang mendapatkan diskon PPnBM bertambah. Pada aturan terbaru, yakni Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 1737 Tahun 2021, terdapat beberapa ubahan aturan mengenai mobil yang mendapat PPnBM.

Ada juga berita mengenai perjuangan Karimun Wagon R sebelum pamit dari industri otomotif dalam negeri. Untuk lebih lengkapnya, berikut lima berita terpopuler Kompas Otomotif pada Sabtu, 20 November 2021.

1. Suzuki Stop Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahunKOMPAS.com/Ruly Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahun

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan telah menghentikan penjualan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) alias Low Cost Green Car (LCGC), Karimun Wagon R di dalam negeri.

Meskipun demikian, pihak Suzuki masih memproduksi Karimun Wagon R karena masih ada permintaan untuk kebutuhan ekspor ke Pakistan.

Baca juga: Suzuki Stop Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia

2. Tipe Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Bertambah, Simak Daftarnya

Presiden Jokowi Kunjungi All New Veloz di GIIAS 2021-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri), Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi (kanan) tengah mendengar penjelasan dari Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (ketiga kiri) dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (keempat kanan) mengenai All New Veloz saat mengunjungi  booth Toyota pada GIIAS 2021 di ICE BSD City Tangerang, Rabu (17/11). 
Doc Toyota Presiden Jokowi Kunjungi All New Veloz di GIIAS 2021-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri), Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi (kanan) tengah mendengar penjelasan dari Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (ketiga kiri) dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (keempat kanan) mengenai All New Veloz saat mengunjungi booth Toyota pada GIIAS 2021 di ICE BSD City Tangerang, Rabu (17/11).

Menteri Perindusterian telah mengumumkan aturan mobil yang mendapat kebijakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Menariknya, pada aturan terbaru, yakni Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 1737 Tahun 2021, terdapat beberapa ubahan aturan.

Adapun untuk mobil-mobil yang masuk dalam daftar, sekarang bertambah jadi 36 model, dari sebelumnya hanya 21 mobil.

Baca juga: Tipe Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Bertambah, Simak Daftarnya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.