Jangan Abai, Ini 4 Langkah Rawat Busi Motor

Kompas.com - 20/11/2021, 16:21 WIB
Pemilik motor wajib memeriksa kondisi busi karena busi juga butuh perawatan. Foto: YamahaPemilik motor wajib memeriksa kondisi busi karena busi juga butuh perawatan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi memiliki fungsi untuk membakar campuran udara atau bahan bakar serta membantu untuk melepas panas dari ruang pembakaran.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih busi untuk performa mesin yang lebih baik adalah ukuran busi, angka panas busi dan penampilan fisik busi.

Jangan sampai salah untuk memilih busi, karena harus disesuaikan dengan spesifikasi yang sudah dikeluarkan oleh pabrikan dan di setiap busi memiliki kode.

Baca juga: Ketahui Bahaya Pasang Ban Motor Tidak Sesuai Rotasi

Pemilik motor wajib memeriksa kondisi busi karena busi juga butuh perawatan.Foto: Yamaha Pemilik motor wajib memeriksa kondisi busi karena busi juga butuh perawatan.

Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, pemilik motor wajib memeriksa kondisi busi karena busi juga butuh perawatan.

”Busi berperan dalam memaksimalkan pembakaran di dalam ruang bakar, karena itu juga perlu diperhatikan perawatannya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu mendukung performa mesin dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar,” katanya dalam rilis resmi, Sabtu (20/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Muslian mengatakan ada empat hal yang mesti diperhatikan pemilik kendaraan untuk merawat busi:

1. Melihat pembakaran di kepala busi 

Jika berwarna hitam, hitam pekat atau putih maka kemungkinan terdapat bagian komponen yang sudah mengalami keausan di bagian mesin di dalam ruang bakar.

"Warna ideal sedikit lebih coklat pada bagian kepala busi," kata Muslian.

2. Cek tiap 2.000 km

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.