Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Dekat Platform Heartect pada Mobil Suzuki

Kompas.com - 19/11/2021, 19:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejak beberapa tahun silam menggunakan platform heartect yang disematkan pada beberapa model kendaraan kompaknya. Sebut saja, All New Eriga, Suzuki Ignis dan Suzuki Baleno.

Suzuki mengungkapkan, penggunakan platform ini memberikan beberapa keuntungan bagi kendaraannya. Salah satunya adalah bobot yang lebih ringan. Hal ini sejalan dengan tekadnya Suzuki untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.

“Suzuki menggunakan konsep Kecil, Sedikit, Ringan, Pendek dan Rapi sebagai inisiatif untuk mengatasi masalah lingkungan. Suzuki ingin menciptakan kendaraan yang lebih rendah konsumsi bahan bakar dan bobot lebih ringan sehingga tercipta efisiensi secara berkesinambungan,” ucap Mahardian Ismadi Brata, Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor.

Baca juga: Layanan Jual Mobil Bekas di GIIAS 2021 Diminati Pengunjung

Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.DOK. SIM/Bank Kanchanavilai Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.

Baca juga: FIF Group Jadi Penyumbang Terbesar Pembiayaan Sepeda Motor Indonesia

Secara sederhana, platform heartect yang digunakan adalah frame yang utuh, seperti yang disematkan pada Ertiga terbaru. Berbeda dengan platform sebelumnya yang dibuat secara tersegmentasi, bagian per bagian.

Akibatnya, pengunaan platform heartect ini meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. Bentuknya yang halus dan melengkung menyebarkan energi dengan lebih efisien ketika terjadi benturan.

Kelebihan lainnya, platform yang menjadi satu ini juga dapat mengurangi kebisingan dan getaran.

Platform Heartec juga diklaim 10 persen lebih rigid, pun bobot kendaraan secara keseluruhan lebih ringan hingga 15 persen, sehingga mampu peningkatan performa dapat terwujud secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com