Menanti Perpanjangan Diskon PPnBM pada Tahun Depan

Kompas.com - 19/11/2021, 07:42 WIB
Suasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021). KOMPAS.com/Stanley RavelSuasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021).

TANGERANG, KOMPAS.com – Industri otomotif jadi salah satu sektor yang terkena dampak pandemi Covid-19. Sejumlah pabrik harus berhenti beroperasi, sampai mengurangi jumlah pegawai nontetap alias pekerja kontrak.

Namun, berkat insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) buat mobil baru, penjualan mobil mampu bertahan, bahkan naik berimbas pada sektor industri turunan.

Sayangnya aturan ini bakal berakhir pada Desember 2021. Padahal efek positif diskon PPnBM telah meningkatkan penjualan mobil berkali lipat.

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Honda di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda di IIMS Hybrid 2021

Alhasil, banyak yang berharap diskon PPnBM diperpanjang pada tahun depan. Sebab tanpa insentif dari pemerintah, awal tahun 2022 nanti harga mobil bukan cuma kembali ke normal, tapi juga mengalami kenaikan karena aturan pajak terbaru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi ini bakal mempengaruhi penjualan mobil nasional, yang terpantau mengalami peningkatan pada akhir tahun.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, pihaknya percaya pemerintah dalam hal ini bakal menerapkan strategi yang tepat.

Baca juga: Alasan Polisi Sita SIM ketimbang STNK Saat Razia Lalu Lintas

Suasana pameran di booth Mitsubishi Motors IIMS Hybrid 2021 di Hall A1 JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Mitsubishi Motors ikut memeriahkan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung dari 15-25 April 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana pameran di booth Mitsubishi Motors IIMS Hybrid 2021 di Hall A1 JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Mitsubishi Motors ikut memeriahkan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung dari 15-25 April 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Terbukti PPnBM-DTP itu efektif sekali. Untuk tahun depan bagaimana kemarin Pak Presiden sudah press conference, akan melakukan studi, dievaluasi untuk menentukan ke depannya,” ujar Billy, di sela-sela konferensi pers Honda di Tangerang (18/11/2021).

“Jadi ada kemungkinan, karena akan dipelajari. Dan kami yakin hasil studi itu adalah yang terbaik untuk industri otomotif,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengapresiasi langkah pemerintah yang telah menerapkan program diskon PPnBM. Program ini disebut sukses mendongkrak penjualan mobil yang turun drastis sepanjang 2020.

Baca juga: Impresi Awal Menyetir Xpander Facelift, Rasanya Beda Sekali

Booth Toyota yang menampilkan Avanza baru pada ajang GIIAS 2021 dipenuhi konsumen yang penasaran.KOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Booth Toyota yang menampilkan Avanza baru pada ajang GIIAS 2021 dipenuhi konsumen yang penasaran.

"Jadi tahun ini awalnya kami prediksi sama Gaikindo 750.000 unit. Tapi rasanya kalau melihat market sekarang akan lebih dari 800.000 unit," ucap Anton, kepada wartawan di Tangerang (21/10/2021).

"Tahun depan, meski enggak ada diskon PPnBM, harapan kami masih di angka segitu (800.000 unit). Tapi dengan catatan bahwa ekonomi dan pandeminya memang sesuai dengan yang kita harapkan. Ekonominya naik, pandeminya juga stabil, enggak up and down lagi," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.