Harapan Startup Motor Listrik Lokal, Bisa Dilirik Polri dan TNI

Kompas.com - 18/11/2021, 13:41 WIB
|

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Emostra menampilkan light motorcycle Emostra EM 1.0 di GIIAS 2021. Motor tersebut tebar pesona dengan gaya motor trial dengan bentuk serba kompak.

Selain Emostra ada juga Java e-moto yang ikut ambil bagian di booth Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia (Kosmik) GIIAS 2021. Java e-moto menampilkan motor listrik bergaya tracker.

Baca juga: Valentino Rossi Disebut Bakal Jajal Motor Ducati MotoGP

Motor listrik Java e-moto di GIIAS 2021KOMPAS.com/Gilang Motor listrik Java e-moto di GIIAS 2021

Keduanya belum punya surat agar resmi jalan di jalan raya. Sebab Emostra EM 1.0 masuk kategori bukan motor, sedangkan Java e-moto mengincar target untuk bermain off road.

Dharmawan Somaatmadja, punggawa Emostra mengatakan, selain warga sipil motor listrik ini sebetulnya cocok untuk digunakan oleh pihak kepolisian dan militer.

"Dari jenis dan spek ini bisa ke arah militer. Karena dari legalitasnya, SUT sama militer bukan ke perhubungan. Polisi juga sebetulnya butuh kan ada polisi hutan, pencuri kalau ada suara motor pasti langsung kabur," kata Mawan kepada Kompas.com, di ICE BSD City.

Andry Cahya, penggagas Java e-moto juga mengatakan hal serupa. Keunggulan motor-motor produksi startup lokal ini katanya bisa digunakan untuk operasi senyap.

Baca juga: Keunggulan Oli Keluaran Hino untuk Mesin Bus

Motor listrik Java e-moto di GIIAS 2021KOMPAS.com/Gilang Motor listrik Java e-moto di GIIAS 2021

"Bisa buat jaga perbatasan juga," kata Andry.

Mawan mengatakan motor listrik sebetulnya cocok untuk desa-desa terpencil yang pasokan BBM-nya masih kurang. Tapi dengan catatan desa atau wilayah tersebut sudah masuk listrik.

"Sebetulnya palig bagus dijual di kampung yang bensinnya masih susah tapi listrik sudah masuk. Sebab PLN-kan sudah masuk semua sekarang tapi BBM susah," kata Mawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.