Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harapan Startup Motor Listrik Lokal, Bisa Dilirik Polri dan TNI

TANGERANG, KOMPAS.com - Emostra menampilkan light motorcycle Emostra EM 1.0 di GIIAS 2021. Motor tersebut tebar pesona dengan gaya motor trial dengan bentuk serba kompak.

Selain Emostra ada juga Java e-moto yang ikut ambil bagian di booth Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia (Kosmik) GIIAS 2021. Java e-moto menampilkan motor listrik bergaya tracker.

Keduanya belum punya surat agar resmi jalan di jalan raya. Sebab Emostra EM 1.0 masuk kategori bukan motor, sedangkan Java e-moto mengincar target untuk bermain off road.

Dharmawan Somaatmadja, punggawa Emostra mengatakan, selain warga sipil motor listrik ini sebetulnya cocok untuk digunakan oleh pihak kepolisian dan militer.

"Dari jenis dan spek ini bisa ke arah militer. Karena dari legalitasnya, SUT sama militer bukan ke perhubungan. Polisi juga sebetulnya butuh kan ada polisi hutan, pencuri kalau ada suara motor pasti langsung kabur," kata Mawan kepada Kompas.com, di ICE BSD City.

Andry Cahya, penggagas Java e-moto juga mengatakan hal serupa. Keunggulan motor-motor produksi startup lokal ini katanya bisa digunakan untuk operasi senyap.

"Bisa buat jaga perbatasan juga," kata Andry.

Mawan mengatakan motor listrik sebetulnya cocok untuk desa-desa terpencil yang pasokan BBM-nya masih kurang. Tapi dengan catatan desa atau wilayah tersebut sudah masuk listrik.

"Sebetulnya palig bagus dijual di kampung yang bensinnya masih susah tapi listrik sudah masuk. Sebab PLN-kan sudah masuk semua sekarang tapi BBM susah," kata Mawan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/18/134100515/harapan-startup-motor-listrik-lokal-bisa-dilirik-polri-dan-tni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke