Kompas.com - 18/11/2021, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MForce Indonesia yang memasarkan SM Sport juga menghadirkan motor listrik pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Kendaraan ramah lingkungan tersebut adalah E-Classic.

Dengan gaya motor bebek yang jadul, SM Sport meluncurkan versi elektrik dari SM Classic. Motor bebek tersebut sempat menjadi perbincangan karena desainnya mirip dengan Honda Super Cub.

Baca juga: Motor CFMoto Resmi Dipasarkan Melalui MForce Indonesia

Meski desainnya dibilang mengikuti, tapi kali ini SM Classic selangkah lebih maju. Versi elektriknya sudah hadir dan mulai dipasarkan di Indonesia.

Motor listrik SM Sport E-ClassicKompas.com/Donny Motor listrik SM Sport E-Classic

Dari desainnya, masih sama seperti versi mesin bensinnya. Motor listrik ini juga mempertahankan komponen motor jadul, seperti rem tromol depan dan belakang, serta pelek jari-jari.

Pada bagian speedometernya juga masih paduan analog dan digital. Selain itu, masih menggunakan anak kunci, belum keyless seperti motor listrik lainnya.

Baca juga: Komparasi Keeway V250 Fi Lawan SM Sport V16

Namun, ada juga sisi modern yang ditonjolkan. Sistem pencahayaannya sudah mengadopsi teknologi LED, baik pada lampu depan, lampu sein, dan lampu belakangnya.

Motor listrik SM Sport E-ClassicKompas.com/Donny Motor listrik SM Sport E-Classic

Pada bagian sisi kiri tebeng depan, SM Sport juga menyematkan USB port untuk mengecas ponsel. Selain fitur tersebut, tidak ada lagi fitur lainnya yanf mencolok.

Di sektor mesin, E-Classic dibekali dengan motor listrik 1.500 W dengan model hub motor. Baterainya model Lead Acid dengan spesifikasi 60V 27 Ah.

Motor listrik SM Sport E-ClassicKompas.com/Donny Motor listrik SM Sport E-Classic

Untuk mengisi baterai sampai penuh, tidak sampai 8 jam. Tapi sayangnya, baterainya tidak bisa dilepas. Jadi, untuk pengecasannya harus langsung dicolok ke motor.

Dalam kondisi baterai penuh, motor ini bisa menjangkau jarak hingga 120 km. Sedangkan kecepatan tertingginya, diklaim mencapai 50 km/jam.

Motor listrik SM Sport E-ClassicKompas.com/Donny Motor listrik SM Sport E-Classic

SM E-Classic memiliki dimensi yang tak jauh berbeda dengan SM Classic. Panjang 1.880 mm, lebar 680 mm dan tinggi 1.010 mm. Jarak sumbu rodanya 1.235 mm, dengan ketinggian jok 750 mm, jarak terendah ke tanah 130 mm, dan berat tanpa baterai 72 kg.

Di bagian kaki-kaki, suspensi depan masih teleskopik dan suspensi belakang model ganda. E-Classic memiliki ukuran ban depan 70/90-17 dan belakang 80/90-17.

Motor listrik SM Sport E-ClassicKompas.com/Donny Motor listrik SM Sport E-Classic

SM Sport E-Classic dijual dengan harga Rp 31,9 juta (OTR Jakarta). Tapi, bagi yang berminat meminang motor ramah lingkungan ini, harus bersabar. Sebab, harus inden dan pengirimannya baru dilakukan pada Februari-Maret 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.