Cara Lain Memiliki Mobil, Bisa Ikut Program Berlangganan

Kompas.com - 13/11/2021, 15:02 WIB
Toyota All New Veloz KOMPAS.com/STANLY RAVELToyota All New Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang ragu untuk membeli mobil, baik kondisi baru maupun bekas. Sebab, kendaraan tersebut akan mengalami depresiasi atau risiko lainnya.

Melihat kondisi tersebut, Toyota Astra Finance (TAF) menghadirkan Kinto, program berlangganan mobil untuk konsumen yang tidak ingin ribet dalam urusan berkendara.

Wildand Angesti, Bussines Development Department Head, Toyota Astra Finance (TAF), mengatakan, Kinto adalah program spesial dari TAF yang memperkenalkan cara baru mengendarai mobil yang bebas ribet, mudah, dan terjangkau.

Baca juga: Cara Toyota Sosialisasikan Elektrifikasi, Prius PHEV Jadi Armada Taksi

"Konsumen sudah tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala kendaraan, asuransi, perpanjangan pajak kendaraan, dan opsi mobil pengganti ketika terjadi risiko," ujar Wildand, saat ditemui di booth Toyota, pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021

Wildand menambahkan, Kinto punya beberapa produk, yakni Kinto One dan Kinto Ekonomis. Kinto One untuk berlangganan mobil baru. Sedangkan Kinto Ekonomis, berlangganan mobil bekas tapi berkualitas.

"Kinto sudah berjalan dua tahun lebih. Tapi, untuk sekarang ini baru ada di Jabodetabek, tapi kita juga akan segera membuka di beberapa daerah di luar Jabodetabek," kata Wildand.

Untuk biaya berlangganannya, Kinto mulai dari Rp 2,5 juta per bulan dengan periode berlangganan minimal tiga bulan.

Sementara untuk kendaraannya, tersedia mobil Toyota, mulai dari Agya, Calya, Innova, Fortuner, hingga Alphard. Harga berlanggannya tergantung dari tipe mobil yang dipilih dan periode berlangganannya.

Baca juga: Teka-teki Model Hybrid Pertama yang Bakal Diproduksi Toyota pada 2022

"Konsumen sudah tidak perlu lagi memikirkan soal biaya perawatan berkala. Sebab, sudah termasuk dengan biaya berlangganannya," ujar Wildand.

Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021

Wildand mengatakan, Kinto berbeda dengan penyewaan mobil. Menurutnya, kalau sewa, biasanya kualitasnya tidak bisa diprediksi. Tapi, ini berlangganan, jadi kualitasnya sudah dipastikan baik.

Salah satu tipe konsumen Kinto adalah orang-orang yang ingin memiliki mobil kedua, baik untuk mengantar anak atau urusan lainnya.

"Di Kinto, konsumen bisa memilih mau pelat ganjil atau genap. Kemudian, terhindar juga dari pajak progresif. Jadi, benefitnya cukup banyak," kata Wildand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.