Kesiapan Mitsubishi Fuso Sambut Program Biodiesel B40

Kompas.com - 13/11/2021, 14:42 WIB
Mitsubishi Fuso Dok. Kompas.com/Sety AdiMitsubishi Fuso
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Pemerintah RI melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk menunda melanjutkan program mandatori biodiesel 30 persen (B30) menjadi biodiesel 40 persen (B40) pada tahun ini.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) ESDM Dadan Kusdiana menjelaskan, hal tersebut karena pertimbangan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang masih rendah dan harga minyak sawit yang masih tinggi.

Sehingga, akan dibutuhkan tambahan insentif dan subsidi lebih besar dibandingkan saat merealisasikan program B30. Untuk diketahui, proyeksi besaran insentif program terkait sekitar Rp 46 triliun.

Baca juga: Begini Interior Xenia Terbaru, Kabin Lebih Luas dan Banyak Penyimpanan

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

Meski begitu, sejumlah agen pemegang merek (APM) kendaraan niaga tetap melakukan persiapan terkait regulasi tersebut, salah satunya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

“Sampai saat ini pemerintah baru menerapkam B30, B40 masih studi. Kami belum peroleh informasi level berapa sekarang,” ujar Duljatmono, dalam konferensi pers di ICE BSD City (12/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Asumsi kami masih dipelajari, tentu saja untuk B30 kami sudah siap produk-produknya baik yang dipasarkan sekarang dan yang akan datang,” kata dia.

Baca juga: Kepincut Honda CB150X? Ini Harga dan Jadwal Pengirimannya

Booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2021.

Duljatmono juga mengklaim, sejauh ini tak ada masalah terkait penggunaan solar B30 pada kendaraan Mitsubishi Fuso.

“Sudah terbukti sejak 2016 dilakukan pada Colt diesel, dan tidak ada masalah untuk Fighter, karena sudah tambahkan triple filter. Jadi sangat siap,” ucap Duljatmono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.