Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Kecewa, Boks Kargonya Dibuka Ilegal oleh Panitia WSBK Mandalika

Kompas.com - 11/11/2021, 13:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi panggung penyelenggaraan seri terakhir kejuaraan balap World Superbike 2021. Seri terakhir tersebut akan diselenggarakan pada akhir pekan ketiga November ini.

Kargo serta Logistik balapan dari semua tim yang mengikuti ajang balap WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat juga sudah tiba sejak awal pekan ini.

Baca juga: Toyota Resmi Luncurkan Avanza dan Veloz Terbaru, Harga Rp 200 Jutaan

Namun, ada kabar kurang sedap dari media asing. Panitia lokal dari MGPA (Mandalika Grand Prix Association) diduga membuka secara ilegal boks kargo Ducati dan "mengutak-atik" motor pebalap pabrikan mereka Michael Rinaldi.

Pada Rabu (10/11/2021) siang, seorang koresponden Indonesia membocorkan video dan gambar yang mengganggu ke SPEEDWEEK.com tentang seorang karyawan trek balap dari penyelenggara lokal MGPA membuka kotak kargo Ducati dan mengutak-atik sepeda motor pembalap Michael Rinaldi.

suasana penurunan barang kargo Boeing 777 F di Bandara LombokHumas Bandara Lombok suasana penurunan barang kargo Boeing 777 F di Bandara Lombok

Padahal box cargo hanya boleh dibuka oleh bea cukai dan tim untuk mencegah spionase dan manipulasi dari kubu lain.

Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla mengakui kejadian tersebut dan menyatakan permintaan maaf kepada pihak Ducati. Saat ini karyawan yang bersangkutan sudah dinyatakan dipecat.

Baca juga: Viral, Video Rombongan Pemotor Pepet Pengemudi Mobil di Sentul

"Kami sangat meminta maaf, insiden ini di luar kendali kami," kata Lavilla dikutip Speedweek.com, Kamis (11/11/2021).

Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti merasa kecewa dan marah atas kejadian yang tak tertahankan ini. Dalam tulisan tersebut juga dikatakan bahwa kejadian seperti ini terjadi hanya dari negara-negara dunia ketiga dan dari 40 tahun yang lalu.

Penampakan sirkuit internasional Mandalika.www.indonesia.travel Penampakan sirkuit internasional Mandalika.

Sampai sejauh ini belum juga dapat dipastikan apakah ada kemungkinan mantan karyawan tersebut juga membuka boks kargo lainnya secara ilegal.

Baca juga: Spek Teknis Avanza Terbaru, Tenaga Lebih Besar dari Model Lama

Sementara sebagian besar anggota tim Superbike tidak akan tiba di Indonesia sampai hari Minggu dan Senin karena selanjutnya mereka harus dikarantina selama dua hari, beberapa karyawan Dorna sudah berada di lokasi.

Pasalnya, sebelum pemutaran perdana WSBK (19-21 November) akan ada perebutan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) akhir pekan depan yang juga akan diselenggarakan oleh badan olahraga Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com