Kompas.com - 10/11/2021, 16:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara teknis, Avanza dan Veloz terbaru menyajikan spesifikasi yang berbeda. Ubahan mendasar datang dari platform baru yang membuat dimensinya jadi lebih besar.

Di atas kertas, Avanza dan Veloz terbaru memiliki ukuran (PxLxT) 4.475 mm x 1.750 mm x 1.700 mm, serta wheelbase 2.750 mm.

Adapun untuk model sebelumnya, Avanza maupun Veloz memiliki dimensi (PxLxT) 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm, serta jarak sumbu roda 2.655 mm.

Baca juga: Layanan Uji Emisi Gratis Bikin Macet, DLH DKI Jakarta Setop Sementara

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Bicara soal mesin, Avanza dan Veloz terbaru mengusung mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS atau setara 104 tk dan torsi 14 Kgm atau setara 137 Nm.

Figur tenaga ini mengalami lonjakan yang cukup signifikan, dari sebelumnya 104 PS atau setara 102 tk dan torsi 13,9 kgm atau setara 136 Nm.

Sedangkan untuk Avanza baru yang bermesin 1.300 cc 1 NR-VE, menghasilkan tenaga 98 PS atau setara 96 tk dan torsi 12,4 kgm atau setara 121 Nm.

Baca juga: Ingin Masuk ke GIIAS 2021, Wajib Sudah Vaksin Dua Kali

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Tenaga yang dihasilkan mesin baru ini juga mengalami peningkatan, di mana mesin lama hanya menghasilkan 97 PS atau setara 95 tk dan torsi 12,3 kgm atau setara 120 Nm.

”Saya sendiri terlibat dalam proses pengembangan Avanza sejak generasi pertama. Bersama tim, kami melakukan serangkaian survei dan tes di berbagai lokasi di Indonesia,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, dalam keterangan resmi (10/11/2021).

“Dari situ, kami memahami bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan mobil yang andal, tahan lama, dan value for money,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.