Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Bikin Toyota Terapkan FWD pada Avanza dan Veloz Baru

Kompas.com - 11/11/2021, 09:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan penggerak roda pada generasi baru Toyota Avanza dan Veloz, menjadi yang paling radikal selain penyematan CVT, desain, platform, serta fitur.

Pasalnya, sudah cukup lama Toyota mempertahankan MPV sejuta umat tersebut dengan penggerak roda belakang (RWD). Namun kali ini justru mengikuti arus dari para kompetitornya yang lebih dulu mengaplikasi front wheel drive (FWD).

Ketika mengonformasi soal alasan Toyota memilih FWD pada All New Avanza dan Veloz, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy menjelaskan, hal tersebut dilakukan dengan beberapa pertimbangan salah satunya soal infrastruktur.

Baca juga: Beda Selera Toyota All New Avanza dan Veloz

"Pada dasarnya RWD atau FWD itu baik dan dua-duanya punya pasar masing-masing. Kami punya banyak pertimbangan kenapa menggunakan FWD, pertama karena masalah infrastuktur dan kondisi jalan di Indonesia yang sudah baik, ujar Anton saat konferensi pers secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Toyota All New VelozKOMPAS.com/Tyo Toyota All New Veloz

Selain itu, Anton juga menegaskan bila generasi baru Avanza dan Veloz lahir dengan menggunakan platform baru, yakni Front Engine – Front Wheel Drive (FF).

Platform baru tersebut diklaim memiliki beberapa kelebihan yang ditawarkan bagi calon konsumen Avanza dan Veloz di Tanah Air. Mulai dari bobot yang lebih ringan, ekonomis, dan irit.

"Hal ini juga kami lakukan agar mengikuti aturan terbaru di CO2 Tax karena kami menargetkan tax-nya di 15 persen, kemudian mesin pun juga ada yang baru, kami memberikan tuning engine performance, dan transmisi juga baru,"

"Jadi saya rasa soal diskusi FWD dan RWD harusnya kita lihat mobil ini sebagai satu kesatuan yang memberikan performa, economical, ramah lingkungan, dan kenyamanan. Karena produk ini banyak disukai banyak segmen dan generasi sehingga cocok untuk market Indonesia saat ini," ujar Anton.

Baca juga: Avanza dan Veloz Punya Ruang Kabin Luas, Jok Bisa Dibuat Jadi Sofa

Bicara soal kemampuan dari sistem gerak depan yang disematkan pada Avanza dan Veloz terbaru, Anton mengklaim tak menggurangi performa yang sudah dimiliki MPV murah tersebut. Termasuk dalam hal kemampuan menanjak.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Apalagi saat ini sudah ada tambahan fitur-fitur penunjang lainnya. Mulai dari hill start assist, serta konstruksi ranga yang menggunakan Ultra Hi-Tensil yang lebih kuat dan ringgan sehingga memberikan dampak pada kestabilan dalam berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com