Mercedes Benz Bus Optimistis Jual Sasis Baru di Masa Pandemi

Kompas.com - 10/11/2021, 07:12 WIB
Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus DOK. DCVIKabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), pemegang merek kendaraan niaga Mercedes Benz di Indonesia baru saja merilis the new-improved Mercedes Benz OF 917, Selasa (9/11/2021).

Sasis bus medium OF 917 ini merupakan penyempurnaan sasis sebelumnya yang sudah hadir sejak tahun 2019. Penyempurnaan ada di komponen mesin dengan bahan yang lebih kuat, suspensi, pengereman, dan poros belakang atau rear axle.

Sasis OF 917 terdiri dari dua pilihan panjang, 5.300 dan 4.250. Biasanya sasis tersebut bisa digunakan untuk bus medium baik yang biasa atau long wheel base dan bisa digunakan sebagai armada pariwisata maupun reguler.

Baca juga: Geber Knalpot di Lampu Merah, Pengendara Motor Kena Tempeleng Petugas

Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. DCVI Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

Peluncuran sasis baru ini juga dilakukan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia. Selain itu, sektor bus pariwisata juga bisa dibilang sedang bangkit, lalu kenapa OF 917 improvement ini dirilis sekarang?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faustina, Head of Product & Marketing PT DCVI mengatakan, dari tahun 2020, pandemi memang masih berlangsung di Indonesia dan bus salah satu yang terkena dampaknya. Tetapi jika dilihat angka penularan Covid-19 saat ini terus menurun.

“Dengan memerhatikan data Covid terkini, adanya vaksinasi yang dipercepat pemerintah, angka kasus Covid terbaru terus ditekan. Kita ingin menghidupkan kembali sektor pariwisata,” ucap Faustina dalam acara peluncuran OF 917, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Baru Meluncur, Xpander dan Xpander Cross Facelift Dapat Diskon PPnBM

Harapannya, menjelang akhir tahun dan lebaran tahun depan yang jatuh di bulan Mei, sektor pariwisata sudah kembali membaik. Selain itu, hadirnya sasis baru ini juga didukung dengan beberapa penyesuaian protokol kesehatan.

“Tentunya kita membawa option terbaru, yakni HEPA filter yang terpasang di bus. Jadi dengan kenyamanan, ditambah bodi yang kompak, cukup lincah masuk ke jalanan yang kecil,” kata Faustina.

Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. LAKSANABUS Kabin Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

Pada peluncuran sasis ini juga diperkenalkan bodi Suites Combi buatan karoseri Laksana. Di dalamnya, terdapat dua konfigurasi bangku, pertama ada 12 bangku physical distancing dan 8 Suites Cabin ditambah adanya sistem penyaringan udara Bio Smart buatan Laksana.

“Saya percaya bus ini akan menjadi andalan untuk sektor pariwisata di saat pandemi sudah berlalu,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.