Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2021, 11:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap pengemudi mobil memiliki kebiasaan gaya mengemudi yang berbeda-beda, sesuai dengan preferensi kenyamanannya masing-masing. Salah satu perilaku ketika mengemudi yang umum ditemui adalah perkara pemakaian alas kaki.

Tidak jarang pengemudi memilih untuk melepaskan alas kaki alias nyeker saat sedang mengemudikan mobil. 

Alasan mengemudi tanpa alas kaki ini antara lain perkara kenyamanan hingga agar bisa mendapatkan feeling yang tepat untuk menginjak pedal. Padahal, kondisi ini hanya masalah kebiasaan yang akan terbentuk dengan sendirinya.

Lantas amankah menyetir tanpa mengenakan alas kaki? 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada bahaya yang mengintai ketika pengemudi tidak memakai alas kaki.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Bagnaia Menang, Quartararo Terus Memimpin

Ia mencontohkan salah satu bahaya melepas alas kaki saat mengemudi adalah risiko kaki selip atau terpeleset ketika menginjak pedal. Sebab sebagian orang memiliki tipe kulit yang mudah berkeringat.

Ilustrasi posisi kaki di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi posisi kaki di mobil

“Telapak kaki sebagian orang berkeringat, sehingga sering selip ketika menekan pedal. Selain itu, telapak yang sensitif akan terganggu ketika ada kerikil tajam, jadi menekan pedalnya tidak maksimal,” kata Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sony juga menyebutkan potensi bahaya cedera pada kuku atau jari kaki. Apalagi ditambah karpet mobil yang mengandung banyak kotoran dan bakteri bisa menyebabkan infeksi.

“Ketika nyeker bisa mencederai jari atau kuku kaki, seperti saat berpindah pedal secara mendadak. Kemudian, kondisi karpet yang kotor dan adanya kuman maupun bakteri bisa membuat telapak kaki menjadi tidak sehat,” ujarnya melanjutkan.

Baca juga: Pahami Rumus 3 Detik Keramat Saat di Jalan Tol

Maka dari itu Sony sangat menyarankan agar pengemudi selalu mengenakan alas kaki seperti sepatu agar kaki dapat terlindungi dengan baik.

Senada, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan juga menyampaikan hal serupa terkait bahaya menyetir dengan kaki nyeker. Ia fokus pada risiko kaki yang selip saat sedang menginjak pedal.

“Bila grip pada pedal gas atau rem tidak baik, maka dikhawatirkan bisa menyebabkan selip. Kondisi tersebut berbahaya, apalagi ketika selipnya malah menekan gas lebih dalam yang justru membuat hal-hal tak diinginkan,” kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com