Begini Kepraktisan dan Fitur Unggulan Hyundai Santa Fe

Kompas.com - 23/10/2021, 17:42 WIB
Test Drive Hyundai Santa Fe KOMPAS.com/DIO DANANJAYATest Drive Hyundai Santa Fe
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai membahas soal desain dan tongkrongan Hyundai Santa Fe, kini kita beranjak ke bagian fitur. Secara umum, mobil ini jadi salah satu SUV yang punya fitur lengkap di kelasnya.

Namun memang, jika membandingkan antara mesin bensin ataupun diesel, keduanya tidak memiliki perbedaan yang berarti. Asyiknya, untuk penggunaan sehari-hari, ada sejumlah fitur keamanan dan keselamatan yang membantu.

Salah satunya Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang secara otomatis memperingatkan pengemudi bila mendeteksi potensi kecelakaan dari arah depan.

Baca juga: Stoner Bicara Alasan Pensiun dan Sindir Rossi

Hyundai New Santa FeKompas.com/Donny Hyundai New Santa Fe

Jika pengemudi masih abai terhadap peringatan berupa bunyi tersebut, mobil secara otomatis akan mengaktifkan rem. Sehingga, benturan ke kendaraan lain atau pejalan kaki bisa diredam.

Kemudian ada juga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang berfungsi untuk mendeteksi kendaraan dari arah belakang agar para pengendara bisa menghindari hantaman atau benturan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur ini dilengkapi dengan Blind-Spot View Monitor (BVM) menggunakan dua kamera pada kaca spion kiri dan kanan, yang berguna menampilkan area belakang mobil dengan menampilkan tampilan visualnya di panel cluster.

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

Test Drive Hyundai Santa FeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Santa Fe

Lewat kamera tersebut, tak hanya fitur kamera 360 yang bisa dilihat oleh pengemudi, tapi juga visualisasi bagian kanan dan kiri mobil di layar MID ketika Anda menyalakan lampu sein.

Bicara soal kepraktisan, Santa Fe punya banyak ruang penyimpanan terbuka atau tertutup. Di depan saja ada 4 cup holder, kemudian di baris kedua juga ada 4 cup holder.

Kemudian di konsol tengah, karena menggunakan tuas transmisi berteknologi shift by wire. Alhasil terdapat ruang penyimpanan yang cukup besar di bawah tuas transmisinya, yang berbentuk tombol.

Baca juga: Isuzu Traga Minibus? Bisa Jadi

Test Drive Hyundai Santa FeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Santa Fe

Kalau melihat bagian atas, terdapat sun roof dan atap panoramic yang sangat besar, bahkan sampai ke baris belakang. Fitur ini jelas memberikan kesan yang begitu luas saat berada di kabin.

Belum selesai di sana, mobil juga telah disematkan Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Jadi, mobil akan terjaga selalu berada di dalam batas jalur atau tidak melewati marka jalan.

Adapun fitur-fitur lain yang membuat Santa Fe terbaru semakin aman serta canggih ialah kamera parkir 360 derajat, Electric Child Lock (ECL) & Safe Exit Assist (SEA), Rear Occupant Alert (ROA), High Beam Assist, Surround View Monitor (SVM) dan 6 SRS Airbags.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.