Kompas.com - 22/10/2021, 17:41 WIB
Isuzu Traga versi minibus/blindvan GridOto.comIsuzu Traga versi minibus/blindvan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Isuzu memamerkan Traga dengan model minibus dan blind van. Saat itu, Traga varian tadi masih belum dijual, jadi berupa prototipe saja.

Tepat di hari Kamis (21/10/2021), PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meluncurkan Traga varian blind van.

Hadirnya varian blind van ditujukan untuk menjawab permintaan pengusaha pengantaran barang yang menginginkan kendaraan kargo yang kompak namun kabinnya luas.

Lalu setelah merilis varian blind van, apakah tipe minibus juga bakal dibuat?

Baca juga: Satu Unit Lagi, Bus Baru PO EPA Star dari Karoseri Tentrem

Isuzu Traga Blind VanDOK. IAMI Isuzu Traga Blind Van

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arvin Sumbung, Product Marketing CV & LCV Manager PT IAMI mengatakan, untuk varian minibus juga sedang disiapkan. Namun untuk kendaraan penumpang seperti minibus, punya spesifikasi yang berbeda dibanding blind van.

“Angkutan barang dan penumpang kan berbeda. Untuk angkutan penumpang, kita pelajari lebih detail terutama soal comfort dan safety, sehingga butuh waktu lebih panjang,” ucap Arvin dalam acara peluncuran Traga Blind Van, Kamis (21/10/2021).

Sedangkan untuk blind van, sebenarnya tidak banyak pertimbangan mengenai kenyamanan dan keselamatan. Mengingat di bagian belakang, benar-benar dibuat untuk mengangkut barang saja, sedangkan di bagian depan, hampir sama dengan pikap.

Baca juga: Bamsoet Sebut Sirkuit Mandalika Mau Dipakai untuk Formula 1

Namun untuk blind van yang baru dirilis ini juga ada sedikit perbedaan dibanding prototipe yang waktu itu ada di GIIAS 2019. Salah satu yang paling terlihat bedanya adalah pintu samping, sebelumnya model sliding berubah menjadi bukaan biasa (swing).

“Kendala dari pintu model geser adalah bukannya yang tidak bisa sampai satu meter lebarnya. Kita memang melihat beberapa kebutuhan konsumen seperti pintu samping yang lebarnya bisa satu meter,” ucap Arvin.

Namun ke depannya, Traga dengan pintu sliding juga bisa dipertimbangkan untuk dibuat. Mengingat salah satu keuntungan dari model pintu geser adalah tidak memakan ruang saat dibuka ketika mobil parkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.