Rapor Suzuki All New Ertiga Jelang Meluncurnya Varian Baru

Kompas.com - 23/10/2021, 15:31 WIB
Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri. DOK. SIM/Bank KanchanavilaiIlustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tren SUV murah dengan dimensi compact mulai tumbuh, namun MPV murah tetap menjadi pasar yang gemuk di Tanah Air. Tak heran bila setiap tahun persaingannya cukup ketat.

Suzuki All New Ertiga menjadi salah satu pemain MPV murah yang sampai saat ini diklaim stabil dalam hal penjualan. Meskipun bila melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai Agustus, Ertiga masih belum bisa mengimbangi dominasi Avanza-Xenia, termasuk Xpander.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, banyak hal yang membuat Ertiga sampai saat ini masih memberikan kontribusi positif bagi penjualan Suzuki. Hal tersebut bisa dilihat dari data populasi sejak diluncurkan pada 2012 lalu.

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

"New Ertiga sebagai produk yang tetap konsisten dalam penjualan, digemari konsumen juga sebagai produk yang berkontribusi. Tidak hanya untuk penjualan domestik, tapi juga untuk Indonesia melalui ekspor," ucap Donny beberapa waktu lalu.

Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019 Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019

Berkaca dari data, sejak 2012 sampai September 2021 penjualan wholesales MPV murah Suzuki tersebut sudah mencapai 316.015 unit. Sementara untuk retail , atau penjualan dari diler ke konsumen, sebanyak 314.531 unit yang juga menjadi jumlah populasinya sampai saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian juga peran dalam memberikan devisa bagi negara melalui ekspor. Sejak dikapalkan pada 2013, sampai saat ini jumlah Ertiga yang terjual ke pasar luar negeri mencapai 103.744 unit.

Sementara pada 2021 yang mana masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sampai September Ertiga sudah diekspor sebanyak 5.316 unit ke berbagai negara. Bahkan hasil positif tahun ini membuat Suzuki pede untuk memperluas jaringan ekspor keempat negara baru.

Baca juga: Sensasi Bermanuver Tajam dengan Toyota GR Yaris

Seremonial ekspor Suzuki All New Ertiga dan skutik Nex II di CikarangKompas.com/Setyo Adi Seremonial ekspor Suzuki All New Ertiga dan skutik Nex II di Cikarang

"Pada 2021 kami melihat tingginya permintaan produk Suzuki di berbagai negara dan kami melakukan evaluasi dengan menaikkan target ekspor CBU dan CKD sebesar 66.500 unit. Untuk pembagiannya saya tidak bisa detailkan, tapi untuk tambahannya ada empat negara baru," ucap Donny.

Menyikapi perkembangan pasar dan makin ketatnya kompetisi, ditambah rumor hadirnya model baru serta penyegaran dari beberapa kompetitor menjelang GIIAS 2021, Suzuki dikabarkan juga sedang menyiapkan Ertiga varian baru.

Sayang keran informasi resmi masih tertutup rapat sampai saat ini, namun demikian sinyalnya sudah cukup kuat. Apalagi memang biasanya Suzuki selalu rutin memberikan penyegaran pada jajaran produk lokalnya.

Baca juga: Jegal Avanza-Xenia dan Xpander Facelift, Suzuki Bakal Hadirkan Ertiga Varian Baru

Suzuki Ertiga untuk konsumen fleetSUZUKI Suzuki Ertiga untuk konsumen fleet

"Tunggu saja," kata Donny kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu saat dikonfirmasi mengenai adanya varian baru dari Ertiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.