Begini Cara Agar Sunmori Tetap Aman dan Nyaman

Kompas.com - 19/10/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi sunmori Dok. YIMMIlustrasi sunmori

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan para pencinta motor di Minggu pagi adalah Sunmori atau Sunday Morning Ride. Namun, kegiatan ini mulai banyak dipandang negatif.

Banyak yang melakukan Sunmori tanpa mengindahkan peraturan lalu lintas atau tata cara berkendara yang baik dan benar. Sehingga, tak jarang terjadi masalah saat berkendara di jalan.

Baca juga: Pengendara Motor Menghindari Razia Sunmori, Berujung Tabrak Polisi

Namun, Sunmori sebenarnya merupakan salah satu aktivitas berkendara yang menyenangkan. Sebab, selain dapat menikmati melewati rute yang dilalui dengan motor kesayangan, juga merasakan kebersamaan dengan sesama biker.

Ilustrasi sunmoriDok. YIMM Ilustrasi sunmori

Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 Jawa Tengah, mengatakan, agar kegiatan sunmori dapat berjalan lancar dan menyenangkan, ada sejumlah tips dari tim Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah yang dapat diterapkan oleh para bikers khususnya pengendara motor matik.

"Hal ini juga untuk menjaga keselamatan berkendara dan ketertiban di jalan untuk kepentingan bersama,” ujar Johannes, dalam keterangan resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Niat Sunmori Akhir Pekan Ini, Siap-siap Dikirim Surat Cinta dari Polisi

Pertama, adalah soal titik kumpul (tikum). Cari area yang luas dan muat untuk parkir motor. Lalu, hindari parkir motor di pinggir jalan, karena akan mengganggu pengendara lain dan dapat membuat jalanan macet.

Ilustrasi sunmoriDok. YIMM Ilustrasi sunmori

"Atur jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak yang dapat mengakibatkan kerumunan yang melanggar protokol kesehatan. Selalu taat protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, dan jangan berkumpul terlalu lama," kata Johannes.

Berikutnya, soal tips berkendara yang aman. Tentukan jalur sunmori dan disarankan yang sudah dikenal para peserta. Setelah itu, lakukan safety brief sebelum berkendara terkait rute, perilaku di jalan dan safety gear yang dipakai.

"Gunakan safety gear lengkap, helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu, baik pengendara utama maupun yang dibonceng," ujar Johannes.

Touring Yamaha NmaxFoto: Yamaha Touring Yamaha Nmax

Johannes menambahkan, jaga kecepatan dan jarak aman sesama peserta sunmori dan pengendara lainnya. Hindari berperilaku tidak aman, seperti ugal-ugalan, zig-zag, atau memainkan gas.

"Hindari mengobrol yang dapat mengganggu konsentrasi. Operasikan gas dan rem secara halus, hindari pengoperasian secara cepat dan mendadak," ujar Johannes.

Johannes mengatakan, pastikan jika menggunakan action camera terpasang dengan baik dan kuat. Pastikan membawa surat-surat kendaraan dan selalu patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.