Alasan Standar Samping Motor Ada di Bagian Kiri

Kompas.com - 19/10/2021, 14:41 WIB
Kawasaki Ninja ZX-KRR 150 Foto: Nazar RaiKawasaki Ninja ZX-KRR 150
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang dianggap kecil tapi dilakukan dengan tujuan tertentu. Salah satunya ialah posisi standar samping sepeda motor yang berada di sisi kiri.

Hal ini berbeda dengan banyak spesifikasi teknis yang lain. Contoh di mobil ada setir kiri dan setir kanan sesuai dengan lalu-lintas di suatu negara sehingga posisi setir ikut disesuaikan.

Baca juga: Berkenalan dengan Skutik Honda NS110Q, Mirip Genio

Untuk motor ada penyesuaian sorot lampu, tingkat ambang batas kebisingan dan emisi, serta posisi sein. Tapi tidak ada penyesuaian buat standar, mayoritas standar samping ada di kiri.

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.Ari Purnomo Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Mengutip Ride-Hi, hal ini bukan hanya berhubungan dengan kenyamanan atau masalah spesifikasi di suatu negara melainkan mengenai struktur tubuh manusia.

Dikatakan bahwa mayoritas manusia memiliki "kaki poros" pada kaki kiri. Kaki poros ini berbeda dengan kaki dominan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjelasannya ialah ketika mau naik motor atau menendang bola, poros kaki yang digunakan untuk menopang tubuh biasanya kaki kiri.

Baca juga: Ada Regulasi Baru Pajak Emisi, Belum Pengaruhi Harga Mobil Honda

Ilustrasi standar sampingStanly/KompasOtomotif Ilustrasi standar samping

Oleh karena itu, mau tidak mau, saat mau mengendarai motor, lebih aman berdiri di sisi kiri tubuh, menopang tubuh dengan kaki kiri, dan mengangkat kaki kanan tinggi-tinggi.

Meski demikian hal itu tidak saklek. Menurut Ride-Hi, Honda Hunter Cub CT110 versi Australia dan Yamaha AG200 juga memiliki standar samping di sisi kanan sebagai opsional.

Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan dengan mempermudah parkir di sisi kiri atau kanan di tempat-tempat dengan pijakan yang buruk seperti padang rumput.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.